Ingin Kembalikan Susu Basi, Lansia Malah Jadi Korban Penipuan Online

Geriatri.id - Seorang warga Bengaluru, India menjadi korban penipuan dunia maya pada 18 Maret 2024. Peristiwa yang menimpa lansia berusia 65 tahun tersebut terjadi saat dirinya mencoba mengembalikan susu basi yang dibeli secara online.

Insiden yang dialami Sophia (bukan nama sebenarnya) menyoroti meningkatnya ancaman penipuan online.

Sophia, pelanggan tetap platform grosir online menemukan susu yang diterimanya dalam kondisi rusak. Dia ingin mengembalikannya untuk mendapatkan pengembalian dana.

Setelah menemukan nomor layanan pelanggan platform tersebut, sia mencoba menghubunginya. Namun nomor itu menghubungkannya dengan penipu yang menyamar sebagai perwakilan layanan pelanggan. 

Baca Juga: 5 Pertanyaan Mengenai Hipertensi

Penipu mengatakan Sophia tidak perlu mengembalikan barang pesanannya dan akan menerima pengembalian dana secara elektronik. 

Selanjutnya penipu menginstruksikan kepada Sophia untuk mengikuti serangkaian langkah, termasuk memasukkan PIN UPI, yang akhirnya menyebabkan pencurian Rs 77.000 dari rekening banknya.

Sophia yang tidak menyadari niat jahat dari penipu, mengikuti instruksi dan memasukkan PIN-nya. Penipu menyedot uang Sophia sebelum memutuskan panggilan.

Menyadari telah ditipu, Sophia segera menghubungi saluran bantuan dunia maya (1930) dan mengajukan pengaduan polisi ke kantor polisi Byatarayanapura.

“Kami telah mendaftarkan kasus ini berdasarkan Undang-Undang Teknologi Informasi,” ujar seorang perwira polisi senior dikutip dari the420.in. 

“Upaya sedang dilakukan untuk membekukan sejumlah uang di rekening penipu.”

Halaman: