Fenomena Suhu Panas, Bagaimana Cara Lansia Mengantisipasinya?

Geriatri.id - Potensi fenomena suhu panas dan kondisi cerah di siang hari masih mendominasi cuaca secara umum di awal Mei 2024. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan masyarakat termasuk kelompok lanjut usia (lansia) dalam menghadapi cuaca panas. 

Sebagian besar wilayah Indonesia, yaitu 63,66% Zona Musim akan memasuki periode Musim Kemarau pada Mei-Agustus 2024. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk tetap tenang namun selalu waspada.  

"Memasuki periode Mei, sebagian wilayah Indonesia mulai mengalami awal kemarau dan sebagian wilayah lainnya masih mengalami periode peralihan musim atau pancaroba, sehingga potensi fenomena suhu panas dan kondisi cerah di siang hari masih mendominasi cuaca secara umum di awal Mei 2024," ujar Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto dalam siaran pers, Jumat 3 Mei 2024.

Baca Juga: 14 Sindrom Geriatri yang Sering Dikeluhkan Lansia

Mencermati gelombang panas yang terjadi di sebagian wilayah Asia dalam sepekan terakhir, Guswanto mengatakan fenomena tersebut tidak terkait dengan kondisi suhu panas di wilayah Indonesia. 

Hal ini karena fenomena udara panas di Indonesia belakangan merupakan fenomena bersiklus yang terjadi setiap tahun sebagai akibat dari adanya gerak semu matahari dan kondisi cuaca cerah pada siang hari.

Guswanto menjelaskan istilah gelombang panas menurut World Meteorological Organization (WMO) merupakan fenomena kondisi udara panas berkepanjangan selama 5 hari atau lebih secara berturut-turut, dengan suhu maksimum harian lebih tinggi dari suhu maksimum rata-rata hingga 5°C atau lebih. 

Fenomena gelombang panas umumnya terjadi di wilayah lintang menengah-tinggi seperti Eropa, Amerika dan sebagian wilayah Asia. 

Secara meteorologis, hal tersebut dapat terjadi karena adanya udara panas yang terperangkap di suatu wilayah dekat permukaan akibat anomali dinamika atmosfer, sehingga aliran udara tidak bergerak dalam skala luas, misalnya pada sistem tekanan tinggi skala luas dalam periode cukup lama. 

Halaman: