7 Makanan Kaya Vitamin K yang Punya Peran Penting untuk Kesehatan

Geriatri.id - Mungkin sudah banyak orang mengetahui Vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh, sementara vitamin D membantu memperkuat tulang. Tetapi mungkin masih banyak orang bingung tentang pentingnya vitamin K bagi kesehatan. 

Vitamin K tampaknya tidak mendapat perhatian sebanyak vitamin lain. Padahal vitamin ini memainkan peran penting dalam kesehatan secara keseluruhan.

“Vitamin K berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk pembekuan darah, metabolisme tulang, dan mengatur kadar kalsium darah,” ujar ahli diet berbasis di New Jersey, Erin Palinski-Wade, RD, CDCES. 

Penulis "2 Day Diabetes Diet" itu menambahkan asupan vitamin K yang cukup mendukung kesehatan tulang dengan meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang.

Vitamin K juga bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan mencegah kalsifikasi arteri.

Baca Juga: 14 Sindrom Geriatri yang Sering Dikeluhkan Lansia

Vitamin K secara alami dalam dua bentuk vitamin K1 dan vitamin K2. Vitamin K1 ditemukan dalam makanan nabati, seperti sayuran berdaun hijau.

Ahli diet terdaftar berbasis di San Francisco Edwina Clark, M.S., RD, CSSD, mengatakan vitamin K2 sebaliknya diproduksi mikrobiota usus dan ditemukan dalam makanan fermentasi dan produk hewani, termasuk natto (hidangan Jepang dari kedelai yang difermentasi) dan keju.

Berikut beberapa makanan yang direkomendasikan para ahli diet sebagai makanan kaya akan vitamin K dikutip dari eatingwell:

1. Sawi

Palinski-Wade mengatakan secangkir sawi mentah menawarkan 157 mcg vitamin K. 

“Mengonsumsi sawi hijau dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL, meningkatkan kesehatan jantung, mendukung kepadatan tulang, meningkatkan kesehatan hati, membantu pencernaan, meningkatkan kualitas tidur dan berkontribusi pada rambut dan kulit yang lebih sehat,” katanya. 

2. Bayam

Bayam adalah salah satu makanan kaya vitamin K yang paling dikenal. 

Secangkir bayam mentah mengandung 145 mcg vitamin K.  Bayam juga kaya akan serat, antioksidan dan vitamin C dan A. 

Halaman: