Mirip Sariawan dan Radang Tenggorokan, Kenali Gejala Kanker Mulut

Geriatri.id - Banyak orang tidak dapat membedakan kanker mulut dengan sariawan dan radang tenggorokan. Ini karena gejala penderita kanker mulut hampir sama dengan sariawan ataupun radang tenggorokan. 

Kanker mulut adalah pertumbuhan sel secara abnormal pada jaringan epitel mukosa seperti bibir, dinding mulut, lidah, langit-langit, gusi, dan lainnya. 

Terdapat beberapa penyebab kanker mulut, salah satunya merokok. Umumnya, gejala awal penyakit kanker mulut adalah munculnya luka pada jaringan epitel mukosa yang tidak kunjung sembuh. 

Karena itu, kanker mulut seringkali sulit dibedakan dengan sariawan atau radang tenggorokan. Sama halnya dengan kanker paru, kanker mulut juga sangat berbahaya dan perlu penanganan medis secara cepat dan tepat. 

Kanker mulut bisa menyebar ke seluruh rongga mulut dan tenggorokan, bahkan bisa menjangkiti area lain di kepala dan leher. 

Kanker mulut bisa menyerang lidah, bibir, gusi, pipi bagian dalam, langit-langit mulut, hingga tenggorokan. 

Penyebab kanker mulut diduga berkaitan dengan faktor keturunan, kebiasaan merokok, serta infeksi virus. 

Baca Juga: Pria Lansia Lebih Berisiko, Kenali Perbedaan Sariawan dengan Kanker Lidah

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terdapat sekitar 650 ribu kasus penyakit kanker mulut yang ditemukan setiap tahun. Dari jumlah itu, lebih dari setengahnya berujung kematian.

Penyebab kanker mulut

Penyebab kanker mulut adalah adanya mutasi DNA pada sel-sel di jaringan organ tubuh tersebut. 

Tidak jelas apa yang menyebabkan sel-sel di mulut mengalami mutasi, tetapi diketahui ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker mulut. 

Halaman: