Kembali
×
VIDEO: Lansia Wajib Ukur Tensi atau Tekanan Darah Setiap Hari
23 Juli 2020

Geriatri.id--Mengontrol tekanan darah secara rutin bagi lansia, sangat penting untuk menjaga tekanan darah agar tidak mengalami hipertensi. Melakukan kontrol tekanan darah bisa juga lho dilakukan di rumah.

Bagaimana caranya?  Berikut adalah tips mengontrol tekanan darah di rumah dari dr. dr. Roza Mulyana, SpPD, K-Ger, FINASIM, pada acara Kelas Lansia Online.

1. Mengontrol tekanan darah di rumah bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan alat pengukur tekanan darah yang mudah cara pengoperasiannya dan banyak dijual di pasaran yaitu tensi meter digital. Membaca data di tensi meter digital cukup mudah. Jika hasil pengukuran menunjukkan angka 120/80 (biasanya ditunjukkan dengan dua kolom terpisah dengan angka 120 di atas dan angka 80 di bawah), maka artinya tekanan darah sistolik berada di angka 120 mmHg dan tekanan darah diastolik 80.

2. Waktu yang baik untuk mengukur tekanan darah di rumah adalah 1 jam setelah bangun tidur. Namun prinsipnya, waktu dilakukan pengukuran sebaiknya sama setiap harinya, jika biasa dilakukan pada pagi hari maka seterusnya dilakukan di pagi hari juga.

3. Saat mengukur tekanan darah, kondisi tubuh harus dalam keadaan rileks, kemudian tangan diletakkan pada lengan kursi, posisi tubuh bersandar dan manset pengikat diikatkan pada lengan (bisa lengan kiri atau kanan) setinggi jantung. Saat mengukur tekanan darah bisa juga dilakukan dalam posisi berbaring meski sebaiknya dilakukan dalam posisi duduk. Kuncinya adalah harus rileks.

Selengkapnya simak di : GERIATRI.ID

Tags
lansia
lansia online
dokter roza
geriatri
hipertensi
Video Lainnya