Kembali
×
Oma Opa Lansia dan Semua Masyarakat, Jangan Mudik Dulu ya
03 Mei 2021 22:19 WIB

Geriatri.id | Berita lansia--Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan larangan mudik lebaran 2021. Meski demikian, masih banyak orang yang nekat mudik ke kampung halamannya.

Kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo meminta semua pihak ikut menggaungkan larangan mudik. “Tidak cukup hanya pemerintah yang mengajak larangan mudik, mengajak orang tua, keluarga mau menyampikan pesan untuk tidak kembali ke kampung halaman,” ujar Doni dalam Keterangan Pers Menko Perekonomian, Menteri Kesehatan, dan Kepala BNPB, 03/05/2021.

Pernyataan Doni ini disampaikan setelah melihat fenomena orang-orang kembali ke kampung halaman naik 7% usai larangan dikeluarkan Presiden. Selain itu adanya kebijakan berbeda yang dikeluarkan oleh beberapa pemerintah daerah juga membuat masyarakat tetap mudik.

“Keputusan mudik ini narasinya tunggal, tidak boleh ada pejabat manapun yang berbeda narasinya dari narasi pusat. Ini keputusan politik negara dan kepala negara adalah Jokowi, jadi ikuti arahan ini,” papar Doni.

Tidak hanya itu, Doni juga meminta masyarakat untuk tidak liburan lebaran di kampung dan bersabar. Menurutnya bersabar bisa menyelamatkan banyak orang dan meminta untuk mengendalikan keinginan mudik. Doni mengingatkan, walaupun pemudik sudah memegang bukti negatif covid-19, belum tentu akan negatif.

“Bisa jadi sebagai carrier, saat di kampung tidak mungkin tidak melakukan kegiatan fisik, minimal bersalaman, akhirnya terinfeksi, dan keluarga di kampung tertular,” paparnya.

Doni meminta komitmen pemerintah pusat harus didukung oleh seluruh masyarakat. Termasuk mengenai masalah pemulangan pekerja migran. Ada 5 provinsi besar yang menjadi target pulang pekerja migran yaitu, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, NTB dan Sumut.

Untuk itu pemerintah meminta agar seluruh proses pemulangan pekerja migran dipercayakan kepada TNI/Polri. Nantinya seluruh Panglima Kodam, bekerja sama dengan Kapolda bisa mengintegrasikan seluruh instasi di daerah seperti imigrasi, bea cukia, KKP dan Dinas ketenagakerjaan. Termasuk tingkat RT/RW untuk mempersiapkan tempat karantina. (Dewi Retno untuk Geriatri.id)

Artikel Lainnya
Artikel
17 Mei 2021 19:18 Wib
Artikel
17 Mei 2021 06:11 Wib
Tags
Lansia
Berita Lansia
Mudik
Ramadan
Lebaran
Doni Monardo