Ini Fitur Penting untuk Mobil Lansia | Geriatri.id
Kembali
×
Ini Fitur Penting untuk Mobil Lansia
23 Juli 2019 11:27 WIB

geriatri.id -  Pengguna mobil dari kalangan lansia menjadi pasar potensial karena jumlahnya yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Di Amerika Serikat, jumlah lansia yang mengendarai mobil naik hingga setengahnya pada periode 1999-2015.

Mungkin ada yang menganggap berbahaya jika lansia megendarai mobil. Tapi faktanya banyak pengendara yang notabene masih remaja mengalami kecelakaan.  

Menangkap besarnya pasar mobil untuk lansia, Consumer Report (CR) melakukan survei terhadap sejumlah model mobil yang  bisa mengakomodir kebutuhan lansia. Menurut CR, mobil untuk lansia harus memiliki beberapa fitur penunjang yang memberikan kenyamanan seperti:

1. Akses jok depan
Akses pintu depan untuk pengemudi lansia harus benar-benar diperhatikan. Sebaiknya bagian akses pintu masuk lebih rendah dengan posisi tempat duduk yang tidak terlalu lebar dan terlalu tinggi. Ini akan memudahkan sehingga pengemudi lansia keluar masuk mobil.

2. Visibilitas 
Mobil yang pas untuk lansia adalah yang dapat dikendarai pengemudi berpostur tinggi, sedang atau pendek dengan jarak pandang yang jelas ke depan. Jarak pandang sangat penting dalam mengemudi. 

3. Kontrol dalam kabin
Pengemudi lansia membutuhkan kemudahan kontrol di dalam kabin. Misalnya dengan fitur yang mudah dibaca dan dioperasikan mulai dari mengubah frekuensi radio, menggeser tuas transmisi, pengatur AC dan lain0lain

4. Lampu depan
Pengemudi lansia membutuhkan pencahayaan yang baik saat berkendara terutama di malam hari. Karena itu, penggunaan lampu depan harus mendapatkan perhatian khusus. (rif)

Berita Terkait:

Lansia Menyetir Mobil atau Motor Sendiri, Bahayakah?

Tips Bepergian bagi Lansia

Artikel Lainnya
Artikel
03 Februari 2023 22:45 Wib
Tags
lansia
geriatri
pengemudi lansia
mobil lansia