Kembali
×
Menhub Cek Pelayanan Haji untuk Lansia dan Disabilitas
21 Juli 2019 21:56 WIB

geriatri.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi fasilitas dan kesiapan maskapai untuk melayani penerbangan jemaah Haji tahun 2019. Menurutnya, fasilitas yang diberikan Angkasa Pura II dan maskapai sudah sangat baik untuk semua kalangan termasuk lansia dan penyandang disabilitas.

"Saya terima kasih dan mengapresiasi kepada seluruh stakeholder seperti AP II dan imigrasi saudi yang telah memberikan layanan yang baik kepada jemaah haji," ujar Menhub Budi di Bandara Soekarno Hatta, Minggu (21/7/2019).

Menhub mengatakan sudah melakukan pengecekan sarana prasarana maupun layanan seperti counter imigrasi yang rendah, sehingga tidak menyulitkan lansia dan disabilitas. Sarana dan prasarana yang disediakan khusus lansia dan disabilitas di antaranya kursi roda, jalur khusus kursi roda dan lift untuk disabilitas.

Budi Karya menjelaskan, saat ini urusan imigrasi untuk jemaah haji sudah diselesaikan di Indonesia. Hal ini memudahkan jemaah haji fokus untuk beribadah.

Selain menyapa jamaah haji, Menhub juga memberikan arahan kepada pilot yang bertugas untuk menjaga kesehatan dan memastikan cukup istirahat. 

"Pilot sangat happy, perjalanan ke sana sekitar 8 jam lebih sedikit dan pilot sampai di sana harus istirahat satu hari. Artinya kesehatan, kebugaran dari pilot itu harus dijaga," jelasnya.

Penerbangan jamaah haji 2019 ini akan difokuskan pada terminal 2D yang disiapkan pengelola bandara Angkasa Pura II. Secara keseluruhan Menhub meminta AP II untuk tetap melakukan perbaikan bagi fasilitas publik termasuk untuk lansia dan disabilitas.(rif)

Foto:Kemenhub

Artikel Lainnya
Artikel
07 Agustus 2022 19:12 Wib
Artikel
29 Juli 2022 09:06 Wib
Artikel
21 Juli 2022 08:17 Wib
Tags
geriatri
lansia
ibadah haji
jemaah haji