Kembali
×
Membuat Jus yang Benar untuk Lansia Demensia
12 Maret 2021 05:16 WIB

Geriatri.id--Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi jus buah-buahan secara rutin dapat menurunkan risiko terkena demensia ketika lansia. Lalu, bagaimana manfaat jus bagi orang atau lansia dengan demensia? Bagaiamana mengolah buah atau jus sehingga manfaatnya maksimal?

Ahli Kedokteran Komunitas dan Ahli Gizi Komunitas, Dr. dr. Ray W Basrowi, MKK mengatakan jus merupakan strategi untuk memberikan asupan mikronutrien, terutama vitamin dan serat.

Bagi lansia dengan kemampuan makan atau oromotor yang masih baik, mengkonsumsi buah utuh bisa jadi merupakan pilihan terbaik. Akan tetapi, orang demensia kerap mengalami penurunan kemampuan makan atau oromotor sehingga akan berpotensi masalah jika memakan buah utuh

“Itu sebabnya salah satu strateginya adalah membuat dalam bentuk jus,” kata Ray dalam tayangan Dementia Care Tips di kanal YouTube Alzheimer Indonesia.

Berita Lansia:

LANSIA ONLINE, Kelas Kesehatan dari Rumah

Bila Lansia Sakit, Begini Cara Tepat Merawatnya

3 Kunci Sukses Agar Lansia Sehat, Apa Saja?

Menjadi Lansia Sehat dan Bahagia Tanpa Kerentaan

Cara mengolah buah atau jus harus disesuaikan dengan kemampuan oromotor/menelan dari Orang Dengan Demensia (ODD). Jus diblender agar mudah dicerna. Jus dapat dikonsumsi dengan makanan utama lansia. “Tetapi jangan memodifikasi dengan memberikan gula, madu, atau susu kental manis yang terlalu berlebihan,” kata Ray.

 Kalaupun mau memberikan tambahan, Ray menyarankan bisa yoghurt dan unsur buah lainnya. Tapi mesti diingat juga, jangan mencampur buah yang saling menghambat. Misalnya berry, grape atau anggur, sebaiknya tidak dicampur dengan jeruk atau pisang karena menghambat penyerapannya.

 

 

Artikel Lainnya
Artikel
27 Maret 2024 20:00 Wib