Kembali
×
Tips Tetap Sehat dan Bugar Saat Memasuki Lansia
02 Juli 2019 23:32 WIB

Geriatri.id - Siapa yang tak ingin tetap sehat saat lansia? Tentu saja semua orang menginginkannya. Namun untuk mewujudkannya, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum usia beranjak tua. 

Menjaga kesehatan menjadi hal utama meski tidak mudah dilakukan, apalagi saat umur semakin bertambah. Berikut cara menjaga kesehatan agar tetap sehat di usia tua seperti dilansir dari Prevention:

1. Rajin olah raga
Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan olah raga secara rutin. Olah raga tidak hanya mencegah datangnya penyakit. Studi neurologi menunjukkan olah raga secara teratur dapat meningkatkan kemampuan otak.

2. Konsumsi protein
Anda bisa menambahkan protein ke dalam makanan, misalnya dari ikan atau kacang-kacangan. Selain itu, Anda juga dapat memilih cemilan dengan protein tinggi atau minuman protein dalam kemasan.

3. Pemeriksaan kesehatan teratur
Pemeriksaan kesehatan secara teratur penting untuk mengetahui masalah kesehatan yang biasa terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Misalnya tekanan darah tinggi dan diabetes. 

4. Hubungan baik 
Meski sibuk, luangkan waktu untuk keluarga atau sahabat. Menjalin hubungan baik dengan keluarga atau sahabat bisa meningkatkan kesehatan, kualitas hidup, dan kesejahteraan.

Menurut National Institut on Aging, hubungan baik dengan keluarga atau sahabat bisa menurunkan risiko penyakit kronik seperti Alzheimer, penyakit jantung, osteoporosis, arthritis, dan kanker.

5. Istirahat cukup
Tidak semua orang tidur dengan mormal. Padahal, Anda membutuhkan tidur antara 7-8 jam perhari. Jika Anda mengalami sulit tidur segera hubungi dokter untuk mendapatkan solusi. 

6. Rileks 
Stres tidak hanya mengganggu mood tetapi juga meningkatkan inflamasi tubuh yang mempercepat penuaan dan menyebabkan mudah sakit. Yoga bisa menjadi pilihan untuk menurunkan stres dan memperlambat penuaan.

7. Bersyukur
Bersyukur dengan memikirkan hal-hal tang baik saat umur bertambah. Sebuah penelitian di Universitas Yale, Amerika Serikat menemukan seseorang yang melihat pertambahan umur sebagai hal baik akan hidup 8 tahun lebih lama. Selain itu mereka memiliki risiko rendah terkena penyakit Alzheimer.(rif) 

Artikel Lainnya
Artikel
07 Agustus 2022 19:12 Wib
Artikel
29 Juli 2022 09:06 Wib
Artikel
21 Juli 2022 08:17 Wib
Tags
geriatri
lansia
tips lansia
tips lansia sehat
lansia sehat
lansia bahagia
merawat lansia
lansia online
berita lansia