Kembali
×
Lansia Dapat Vaksinasi COVID-19 Lewat Layanan Drive Thru
02 Maret 2021 06:02 WIB

Geriatri.id--Kabar gembira oma opa, warga lanjut usia (lansia) di Jakarta. Kementerian Kesehatan menggandeng penyedia jasa layanan kesehatan daring yaitu Halodoc untuk menyiapkan layanan vaksinasi secara drive thru bagi lansia sehingga mempermudah proses distribusi vaksin COVID-19.

Program vaksinasi melalui layanan tanpa turun (lantatur) atau drive thru bagi lansia itu diinisasi pada Rabu (3/3/2021) di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat dan akan meluas ke wilayah lainnya.

“Iya kita ada kerjasama dengan Halodoc untuk vaksinasi drive thru, rencananya untuk yang pertama di JIExpo Kemayoran,” kata Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu dikutip dari Antara.

Program vaksinasi drive thru itu merupakan kolaborasi antara Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran, Rumah Sakit Hermina dan Halodoc.

Bagi oma opa yang ingin mendapatkan vaksinasi dengan layanan drive thru itu dapat menggunakan layanan aplikasi Halodoc di ponsel atau pun gawai pintarnya untuk mengatur jadwal vaksinasi yang tersedia mulai tanggal 3 Maret 2021.

Setelah mendapatkan jadwal, pengguna Halodoc dapat menerima vaksin di area parkir Hall C JIExpo Kemayoran dan mendapatkan sertifikat vaksinasinya lewat aplikasi Halodoc.

Lansia harus mempersiapkan beberapa hal seperti, Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta. Kemudian, wajib datang dengan pendampingan demi keamanan setelah divaksin, menggunakan pakaian yang mudah dilipat pada bagian lengan, mematuhi protokol kesehatan dan menggunakan kendaraan.

Vaksinasi melalui layanan drive thru diharapkan dapat mengurangi mobilisasi lansia dan mengurangi kerumunan.

“Dengan adanya Pos Pelayanan Program Vaksinasi COVID-19 secara drive thru ini, kami berharap dapat memberikan sarana yang lebih aman dan nyaman bagi para penerima vaksinasi khususnya para lansia sebagai upaya kontribusi bagi percepatan program vaksinasi COVID-19 demi terciptanya kekebalan kelompok (herd immunity) di Indonesia,” ujar CEO dan Cofounder Halodoc Jonathan Sudharta dalam konferensi pers daring.

(Baca juga: Layanan Vaksinasi COVID-19 Drive-Thru)

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan meluncurkan program vaksinasi drive-thru di Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kawasan Pariwisata Nusa Dua, Badung, Bali pada Minggu (28/2/2021). Kementerian Kesehatan menggandeng mitra Grab dan Good Doctor untuk program vaksinasi layanan tanpa turun atau lantatur itu. (ymr)

*Foto Pixabay

Artikel Lainnya
Artikel
16 April 2021 09:49 Wib
Artikel
15 April 2021 15:08 Wib
Artikel
15 April 2021 09:54 Wib
Tags
Lansia
Vaksin
Covid-19
Kementerian Kesehatan
Halodoc
Maxi Rein Rondonuwu
geriatri
lansia sehat
lansia bahagia
lansia online
berita lansia
merawat lansia