Kembali
×
Lansia Takut Jarum, Bagaimana Divaksin Covid-19?
22 Februari 2021 16:50 WIB

"​Saya sangat setuju dengan vaksinasi, tetapi jujur saya sangat takut dengan jarum suntik. Seumur umur baru sekali disuntik saat cek golongan darah, itu pun pake acara pingsan segala. Bagaimana ini?"

Mungkin apa yang dirasaka Joko Wilarso dialami juga sebagian oma opa lansia. Ingin mendapat vaksinasi covid-19, tetapi ada ketakutan terhadap jarum suntik.

Joko bertanya dalam acara lansia online yang menghadirkan Dr. dr. Kuntjoro Harimurti, Sp.PD-KGer, MSc dari Ketua Divisi Geriatri, KSM/Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSCM/FKUI, Minggu (22/2/2021). Webinar yang diselenggarakan Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (Pergemi) dan Geriatri.id ini bertajuk bertajuk Vaksinasi Nakes dan Lansia: Risiko dan Mitigasinya dan dipandu oleh  dr Anastasia Asylia Dinakrisma, SpPD.

(#LansiaOnline merupakan program yang digelar geriatri.id yang mengulas berbagai tema terkait lansia bersama para ahli yang dapat disaksikan di Facebook dan YouTube gratis. Oma opa bisa bergabung dengan grup WA Geriatri dengan menghubungi 08111379101 atau klik https://s.id/WAGeriatri)

Ketakutan terhadap jarum suntik memang bisa dialami siapa saja. Dokter Kuntjoro pun mengakui sedikit takut terhadap jarum. Tetapi, vaksinasi sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 bisa menjadi motivasi oma opa atau siapa pun yang takut jarum suntik. 

“Sekarang, kita takut gak sama Covid-19? Kalau sudah terserang Covid-19, malah akan bertambah suntikan,” kata Kuntjoro.

Kuntjoro mengatakan oma opa dapat menanamkan keyakinan akan manfaat vaksin dalam mencegah COVID-19. Kalau oma opa sudah terkena virus, akan menghadapi jarum suntik lebih besar dan banyak, dibandingkan dengan jarum suntik vaksinasi.

Penyebab dari rasa takut terhadap jarum suntik berbeda-beda pada setiap orang. Ketakutan terhadap jarum suntik disebut juga trypanophobia adalah.

Dilansir healthline, kondisi ini umumnya dialami oleh anak-anak, namun dapat dialami pula oleh orang dewasa dengan rasa takut yang sama. Sebelum perawatan medis dimulai, biasanya akan muncul sejumlah gejala takut jarum suntik, seperti pusing, cemas, keringat dingin, gelisah, bahkan pingsan.

Nah, oma opa dapat berterus terang memiliki ketakutan terhadap jarum suntik ketika akan divaksin.  Dengan mengatakan yang sebenarnya, tim medis akan memberikan langkah perawatan dengan cara yang paling tepat dan hati-hati.

Saat harus berhadapan dengan jarum suntik, sejumlah gejala fobia akan muncul dengan sendirinya. Biasanya, pengidap kondisi ini akan merasa tegang dan cemas, sehingga membuat tekanan darah menjadi tidak stabil. Untuk utu, oma opa dapat mencari tempat yang nyaman untuk duduk, kemudian lemaskan otot-otot di tangan, leher, dan kaki.

Selain melemaskan badan, oma opa juga dapat melakukan latihan pernapasan untuk mengatasi rasa takut jarum suntik.  Terakhir, sugestikan pikiran bahwa jarum yang menusuk rasanya tidak sesakit yang dipikirkan. (ymr)

Artikel Lainnya
Artikel
04 Maret 2021 06:14 Wib
Artikel
01 Maret 2021 06:01 Wib
Tags
Lansia
Vaksin
Covid-19
dr kuntjoro
lansia online
geriatri
lansia sehat
lansia bahagia
berita lansia
merawat lansia