Tips dan Manfaat Berenang Bagi Lansia

Geriatri.id--Berenang merupakan olahraga populer di semua kalangan usia, termasuk kelompok lanjut usia (lansia). Banyak studi yang menunjukkan bahwa berenang sangat disarankan bagi lansia. 

Bagi Anda lansia, oma, dan opa, berenang bisa membentuk dan memperkuat seluruh otot tubuh, ramah terhadap pemulihan cedera lutut.

Selain itu, meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru, cara yang baik untuk membakar kalori, menghilangkan stres, menyegarkan hingga mengurangi sakit pinggang. 

“Kalau dikumpulkan bisa lebih dari 40 manfaat berenang,” kata instruktur renang, Karida Sumarno dalam acara Lansia Online, Minggu 31 Januari 2021 bertema: Renang Sehat dan Ceria Bagi Lansia.

“Berenang merupakan olah raga yang paling tepat untuk usia lanjut atau usia pensiun untuk menghindari sakit pada sendi yang sering terjadi pada usia pensiun”.

(#LansiaOnline merupakan program yang digelar geriatri.id yang mengulas berbagai tema terkait lansia bersama para ahli yang dapat disaksikan di Facebook dan YouTube gratis)

Pada prinsipnya, Karida mengatakan belajar berenang bagi lansia pemula terbagi menjadi 4 bagian.

Halaman: