Kembali
×
Studi: Lansia Lebih Santai Hadapi Pandemi Covid-19
10 Januari 2021 19:16 WIB

Geriatri.id--Kelompok lanjut usia (lansia) 60 tahun ke atas disebut sangat rentan pada pandemi Covid-19 ini. Meski disebut sangat rentan, oma dan opa lansia ternyata lebih santai menghadapi pandemi ini.

Penelitian dari The University of British Columbia menyatakan bahwa lansia memiliki emosional yang lebih baik, dan merasa tidak terlalu stres dan terancam oleh pandemi virus. Hasil penelitian itu dipublikasikan dalam Journal of Gerontology: Psychological Sciences.

Tim peneliti mengumpulkan data pada Maret-April 2020. Pada periode ini, hampir semua negara di dunia mulai mengeluarkan kebijakan untuk tetap di rumah. Para peneliti menganalisis data dari 776 peserta berusia 18-91 tahun, yang tinggal di Kanada dan AS. Responden disurvei tentang stres, peristiwa positif, dan kesejahteraan emosional.

Para peneliti menemukan bahwa lansia lebih baik secara emosional dibandingkan dengan orang dewasa yang lebih muda (18-39 tahun) dan orang dewasa paruh baya (40-59).

“Temuan kami memberikan bukti baru bahwa orang dewasa yang lebih tua tangguh secara emosional meskipun wacana publik sering menggambarkan kerentanan mereka. Kami juga menemukan bahwa orang dewasa yang lebih muda berisiko lebih besar mengalami kesepian dan tekanan psikologis selama pandemi,” kata Patrick Klaiber, penulis utama studi dan mahasiswa pascasarjana di departemen psikologi UBC.

Orang muda dan paruh baya dihadapkan pada tantangan yang berhubungan dengan keluarga dan pekerjaan. Mereka harus bekerja dari rumah, anak-anak yang bersekolah di rumah, dan pengangguran. Mereka juga lebih mungkin mengalami berbagai jenis streser non-pandemi yang sedang berlangsung daripada lansia, seperti konflik antarpribadi.

Sementara lansia sudah “terbiasa” dengan stres karena penyakit menua dan komplikasi penyakit. Lansia dianggap lebih bijaksana dan memiliki keterampilan untuk mengatasi stres. (ymr)

Artikel Lainnya
Artikel
24 Januari 2021 09:48 Wib
Artikel
21 Januari 2021 07:22 Wib
Tags
lansia
covid19
pandemi covid19
riset lansia
merawat lansia
lansia sehat
lansia bahagia
berita lansia
geriatri
lansia online