Kembali
×
Manfaatkan Pekarangan Rumah Sebagai Kebun Gizi
01 Januari 2021 05:52 WIB

Geriatri.id--Berkebun merupakan salah satu kegiatan yang marak di masa pandemi COVID-19. Momentum inilah yang dimanfaatkan oleh Tim Pengabdian Masyarakat (pengmas) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) untuk mengadakan sosialisasi memberdayakan Ibu-Ibu rumah tangga di Kelurahan Cisalak Kota Depok dalam mengoptimalkan pekarangan rumah untuk berkebun.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Risdeskas) 2018, 93,6 penduduk Indonesia kurang makan sayur dan buah.  Padahal, sayur dan buah mengandung berbagai vitamin, mineral, dan serat yang sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan dan memelihara daya tahan tubuh. 

“Pemanfaatan pekarangan untuk berkebun secara berkesinambungan dan intensif dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga yang beragam dan bergizi seimbang,” ujar Dr. Ir. Asih Setiarini, MSc selaku Pengabdi Utama, saat sosialisasi kegiatan pengmas Kebun Gizi di Kantor Kelurahan Cisalak, Kota Depok dilansir laman UI.

Target program pengabdian masyarakat adalah meningkatkan pengetahuan para ibu sebagai pengambil keputusan pemenuhan pangan keluarga. Program ini juga diharapkan  terwujudnya kebun gizi yang berdaya guna hasil dari pemanfaatan panen Kebun Gizi oleh kelompok ibu.

Dalam kegiatan ini, Tim Pengmas FKM UI membekali kelompok Ibu dengan dua buah modul, yaitu Modul Membangun Kebun Gizi dan Modul Pemenuhan Gizi Keluarga, Video Praktik Berkebun dan Membuat Media Tanam, serta material untuk berkebun. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan pegiat berkebun yang tergabung dalam Komunitas Saung Depok, di bawah koordinator Ir. Adi Wirawan.

Sementara itu, Dede Nurlaela, Ketua TP PKK Kelurahan Cisalak Kecamatan Sukmajaya Kota Depok, mengapresiasi diselenggarakannya program pengmas di wilayahnya karena memberikan banyak ilmu tentang bagaimana cara berkebun di pekarangan rumah yang sempit.

“Seperti yang kita ketahui, sejak masa pandemi ini bertanam menjadi hobi yang sangat diminati masyarakat, selain hobi, bertanam juga bisa menjadi tambahan penghasilan dan bisa dikonsumsi keluarga sendiri dengan menanam tanaman yang beraneka ragam, khususnya pemenuhan sayur dan buah. Harapan kami ke depannya, kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan tentang kebutuhan makan sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga di tengah masyarakat dan dapat meningkatkan kesehatan warga,” ujar Dede Nurlaela. (ymr)

Artikel Lainnya
Artikel
24 Januari 2021 09:48 Wib
Artikel
21 Januari 2021 07:22 Wib
Tags
lansia
berkebun
FKMUI
UI
gizi
sayuran
kebun
geriatri
lansia sehat
lansia bahagia
berita lansia
merawat lansia