Kembali
×
Vaksin Covid-19 Oxford-AstraZeneca Diklaim Aman Bagi Lansia
20 November 2020 06:52 WIB

Geriatri.id--Kabar gembira oma dan opa. Vaksin Covid-19 yang dikembangkan Universitas Oxford dan AstraZeneca berhasil menciptakan respons kekebalan pada orang dewasa dan lansia. Selama ini, kebanyakan vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan rencananya diberikan kepada mereka yang berusia 18-54 tahun.

Hasil penelitian tim Oxford itu dipublikasikan di jurnal kesehatan The Lancet. Dalam uji klinis tahap kedua ini melibatkan 560 orang dewasa yang sehat, termasuk 240 orang yang berusia di atas 70 tahun. Hasilnya vaksin itu aman dan menghasilkan respons kekebalan yang serupa dengan mereka yang berusia 18-55 tahun.

“Lansia termasuk kelompok yang memiliki risiko tinggi ketika terpapar COVID-19, oleh karena itu sangat penting untuk mengembangkan vaksin yang aman bagi lansia,” tulis tim peneliti dalam jurnal itu.

Hasil awal itu menunjukkan bahwa vaksin memicu apa yang dikenal sebagai "respons cell-T" dalam 14 hari sejak dosis pertama, dan respons antibodi dalam 28 hari setelah dosis penguat. Para ilmuwan memperkirakan respons cell-T berperan dalam kekebalan jangka panjang terhadap virus.

Para penulis memberikan beberapa batasan pada penelitian mereka, termasuk peserta dalam kelompok usia tertua memiliki usia rata-rata 73 hingga 74 tahun dan hampir semua peserta berkulit putih dan bukan perokok.

Di Indonesia, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengaku bahwa tiga perusahaan pengembang vaksin Covid-19: Pfizer, AstraZeneca, dan Sputnik, telah menyampaikan rencana mereka untuk melakukan uji klinis di Indonesia.

Kepala BPOM, Penny Lukito mengatakan beberapa perusahaan pengembang vaksin Covid-19 telah menjalin komunikasi untuk membicarakan uji klinis di Indonesia.

Penny mengatakan, perusahaan-perusahaan itu mencari mitra industri farmasi yang ada di Indonesia.

"Kalau untuk diimpor harus mendapatkan izin penggunaan. Masih belum izin edar. Nanti datanya sudah lengkap uji klinisnya akan mendapatkan izin edar,"  kata Penny dalam Konferensi Pers Pengawalan BPOM terhadap Vaksin COVID-19 secara virtual, Kamis (19/11/2020). (ymr)

*Foto Pixabay

Artikel Lainnya
Artikel
24 November 2020 16:31 Wib
Artikel
23 November 2020 07:22 Wib
Artikel
22 November 2020 10:39 Wib
Tags
lansia
geriatri
vaksin
covid19