Kembali
×
Mengatasi Gangguan Berkemih
13 Oktober 2020 13:10 WIB

Geriatri.id - Gangguan berkemih sebaiknya memang tidak dianggap remeh dan para penderita dianjurkan segera berkosultasi ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Setelah diketahui, barulah bisa dilakukan langkah-langkah penanganannya.

"Penanganan gangguan berkemih cukup kompleks. Karena tipenya banyak, penyebabnya juga banyak jadi sebaiknya apabila ada gangguan, segera konsultasi ke dokter sehingga dokter bisa menilai kira-kira penyebab gangguan berkemihnya," kata dr. dr. Dina Aprillia Ariestine, Sp.PD-KGer.

Untuk pengobatan gangguan berkemih, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Pertama, pengobatan suportif. Pengobatan suportif dilakukan dengan melakukan edukasi kepada pasien terkait bagaimana cara mengatasi gangguan berkemih, memperbaiki kondisi lingkungan untuk mencegah timbulnya gangguan berkemih, juga memberikan pakaian dan pads untuk mengatasi gangguan berkemih.

Kedua, intervensi perilaku. Memberikan berbagai pelatihan untuk mengatasi gangguan berkemih seperti latihan otot dasar panggul, latihan kandung kemih, penjadwalan berkemih dan latihan kebiasaan.

Ketiga, jika pengobatan suportif dan intervensi perilaku tidak mengurangi gangguan berkemih, maka dapat diberikan obat-obatan. "Obat-obatan ini harus disesuaikan dengan kondisi pasien," ujar dr. Dina.

Keempat, dapat juga dilakukan operasi dan pemasangan kateter.

Pengobatan gangguang berkemih sifatnya cukup individual. "Berbeda pada setiap orang. Penilaian gangguan berkemih juga sebaiknya dilakukan oleh sebuah tim, sehingga bisa diketahui apa penyebab dan bagaimana penanganannya," pungkas dr. Dina. (mag)


*) Materi "Kenali Gangguan Berkemih dan Kiat Mengatasinya" ini, dibawakan oleh dr. Dina Aprillia Ariestine, Sp.PD-KGer, pada sesi webinar awam di acara Temu Ilmiah Geriatri (TIG) 2020, Sabtu, 26 September 2020

Artikel Lainnya
Artikel
24 November 2020 16:31 Wib
Artikel
23 November 2020 07:22 Wib
Artikel
22 November 2020 10:39 Wib
Tags
lansia
lansia sehat
merawat lansia
geriatri
gangguan berkemih
tig 2020
temu ilmiah geriatri
dr dina