Temu Ilmiah Geriatri 2020, Hari Ini Resmi Dimulai

Geriatri.id - Pelaksanaan Temu Ilmiah Geriatri (TIG) 2020, pagi ini, Sabtu 26 September 2020 resmi dimuai. Dalam acara yang mengambil tema: "Frailty and Clinical Practice: From A to Z" itu akan dibahas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan frailty atau kerapuhan pada lansia.

Sebagai pembuka acara, pada sesi pertama yang akan dimulai pada pukul 09.00 tersebut akan Prof. dr. Budi Sampurna, DFM, SH, Sp.F(K), Sp.KP. Pada sesi tersebut, Prof. Budi Sampurna akan membahas aspek keselamatan dan medikolegal pasien lansia dengan frailty yang mengidap Covid-19 yang di rawat di ruang isolasi. Tampil sebagai moderator pada sesi ini adalah dr. Edward Djim, Sp.PD, K-Ger.

Pada sesi kedua, yang dimulai pukul 11.20, akan tampil Dr. dr. Kuntjoro Harimurti, Sp.PD, K-Ger, M.Sc, yang akan membahas tema terkait pemberian vaksin infulenza pada populasu berisiko tinggi di masa pandemi Covid-19. Tampil sebagai moderator yang akan memandu sesi ini adalah dr. Novira Widajanti, Sp.PD, K-Ger. 

Kemudian, pada sesi ketiga, yang dimulai pukul 12.30, akan tampil Dr. dr. Dewa Putu Pramatara, Sp.PD, K-Ger. Pada sesi ini akan dibahas tema terkait manajemen perawatan menyeluruh terhadap pasien lansia dengan frailty atau kerapuhan yang mengidap penyakit pernapasan kronik. Sesi ini akan dipandu oleh dr. Edy Rizal Wahyudi, Sp.PD, K-Ger sebagai moderator.

Pada sesi keempat yang akan dimulai pukul 13.10, akan tampil dr. Ceva Wicaksono Pitoyo, Sp.PD, K-P, KIC yang akan membahas tema terkait manajemen terkini penanganan pasien dengan penyakit pernapasan kronik. Sesi ini masih akan dipandu oleh dr. Edy Rizal Wahyudi, Sp.PD, K-Ger sebagai moderator.

Di sesi keempat yang akan dimulai pada pukul 14.10, dr. Edy Rizal Wahyudi, Sp.PD, K-Ger akan tampil sebagai pembicara yang akan membahas tema terkait masalah seputar gangguan berkemih pada lansia dengan frailty. Pada sesi ini juga akan tampil dr. Rose Dinda, Sp.PD, K-Ger yang juga akan membahas masalah yang sama. Sesi ini akan dipandu oleh dr. Ika Fitriana, Sp.PD, K-Ger.

Bagi awam, jangan dilewatkan sesi webinar awam di TIG 2020 kali ini yang juga masih akan membahas masalah gangguan berkemih pada lansia dan kiat mengatasinya. Pada sesi ini akan hadir dr. Dina Aprilia, Sp.PD, K-Ger. Sesi ini akan dimulai pada pukul 16.00. Bagi anda yang berminat dengan sesi ini, dapat juga mengikuti pada laman FB Geriatri.id dan Youtube Geriatri TV. (mag)