Kembali
×
Gangguan Berkemih Pada Lansia? Ini Cara Pencegahannya
25 September 2020 23:37 WIB

Geriatri.id - Seiring bertambahnya usia seseorang, terjadi perubahan fungsi dan struktur sistem berkemih pada tubuh. Karenanya lansia rentan mengalami gangguan berkemih. Lantas bagaimana cara mencegahnya? 

dr. Dina Aprillia Ariestine, M.Ked(PD), Sp.PD-KGer mengatakan, untuk mencegah gangguan berkemih bisa dilakukan beberapa cara. Pertama, dengan mengatasi kondisi medis dan psikis yang dialami usia lanjut, sebelum muncul gejala gangguan berkemih. 

Kedua, sering melakukan latihan-latihan yang bertujuan untuk memperkuat otot-otot yang bekerja dalam sistem berkemih misalnya dengan senam Kegel.

Lantas bagaimana dengan lansia yang telah mengalami gangguan berkemih? Seperti apa perawatannya? "Perawatan pada lansia yang mengalami gangguan berkemih berbeda-beda pada tiap orang, tergantung pada gangguan yang dialami," ujar dr. Dina kepada geriatri.id.

Pada prinsipnya lansia yang sering mengalami gangguan berkemih, harus lebih menjaga kebersihan diri. Misalnya dengan sering mengganti diapers dan underpads untuk mencegah penyakit infeksi saluran kemih serta masalah pada kulit. 

"Selain itu harus usia lanjut harus diberikan asupan cairan yang cukup untuk mencegah kurangnya cairan," jelas dr. Dina. 

Pada beberapa kondisi gangguan berkemih, dapat diberikan alat bantu berkemih seperti pemasangan kateter atau komod.    "Yang harus diperhatikan, secara umum, tidak ada nutrisi khusus untuk mengatasi gangguan berkemih," tegas dr. Dina. (mag)

*) Ingin mengetahui lebih mendalam tentang gangguan berkemih pada lansia? dr. Dina Aprillia Ariestine, M.Ked(PD), Sp.PD-KGer akan membahasnya dengan tuntas pada sesi webinar untuk awam di Temu Ilmiah Geriatri (TIG) 2020, di hari Sabtu, 26 September 2020, pukul 16.10.

Bagi umum, anda dapat mengikuti pemaparan dr. Dina Aprillia Ariestine, M.Ked(PD), Sp.PD-KGer di: laman FB Geriatri.id dan Youtube Geriatri TV  

Artikel Lainnya
Artikel
22 Oktober 2020 21:28 Wib
Artikel
20 Oktober 2020 15:18 Wib
Artikel
18 Oktober 2020 19:35 Wib
Tags
lansia
lansia sehat
merawat lansia
geriatri
gangguan berkemih
temu ilmiah geriatri
tig 2020
dr dina