Kembali
×
Temu Ilmiah Geriatri 2020 Bahas Kerapuhan pada Lansia
10 September 2020 14:01 WIB

Geriatri.id - Frailty menjadi tema besar dalam kegiatan Temu Ilmiah Geriatri 2020 yang akan berlangsung pada tanggal 26 September hingga 4 Oktober ini. Ketua Panitia TIG 2020 dr. Noto Dwimartutie, Sp.PD, K-Ger, mengatakan, tema ini diambil karena frailty atau kerentaan pada usia lanjut, dapat menyebabkan disabilitas dan dampak kesehatan buruk lain pada orang usia lanjut, seperti masuknya lansia ke dalam perawatan rumah sakit, dan kualitas hidup lansia yang menurun.

"Karena itu untuk mengenal lebih dalam tentang frailty, berbagai faktor yang berkaitan dengan frailty, serta bagaimana tata laksana frailty itu sendiri dalam praktik klinis sehari-hari, maka tahun ini tema yang diambil untuk Temu Ilmiah Geriatri 2020 adalah: 'Frailty In Clinical Practice'," ujar dr. Tuti--demikian sapaan akrabnya--kepada geriatri.id.

"Terlebih di masa pandemi virus corona atau Covid-19 ini, kerentaan atau frailty turut berkontribusi terhadap kerentanan usia lanjut yang dapat menimbulkan gejala dan tanda klinis yang berat dan bahkan kematian," tambahnya. 

Selain membahas soal frailty, TIG 2020 kali ini, menjadi istimewa karena dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Usia Lanjut Internasional, yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober. "Berkaitan dengan itu, sebagai bentuk kepedulian kami terhadap lansia, maka dalam TIG 2020 ini, sebagian dari biaya registrasi para peserta juga akan disumbangkan untuk para lansia di panti werdha," tegas dr. Tuti. 

Hal lain yang membuat TIG 2020 bertambah istimewa adalah perhelatan kali ini tidak dilangsungkan secara fisik. "Yang membedakan pelaksanaan TIG kali ini dengan perhelatan serupa di tahun-tahun yang lalu adalah, kali ini semua kegiatan, baik kegiatan ilmiah, kuliah umum, diskusi kasus, presentasi poster serta juga seminar bagi masyarakat awam seluruhnya dilaksanakan secara vitual," pungkasnya. (mag)

Artikel Lainnya
Artikel
25 September 2020 23:37 Wib
Artikel
25 September 2020 11:00 Wib
Artikel
24 September 2020 09:20 Wib
Artikel
22 September 2020 06:30 Wib
Tags
lansia
merawat lansia
lansia sehat
geriatri
temu ilmiah geriatri
frailty
dr tuti