Kembali
×
Hal-Hal Ini Mempengaruhi Kemampuan Lansia Untuk Belajar (2)
30 Juli 2020 18:42 WIB

Geriatri.id - Lansia tetap mampu untuk belajar hingga akhir hayatnya. Namun banyak hal yang bisa mempengaruhi kemampuan lansia untuk belajar. Berikut adalah faktor-faktor lainya yang bisa mempengaruhi kemampuan lansia untuk belajar.

1. Kepribadian

Lansia yang memiliki kepercayaan diri, yakin dengan kemampuan dirinya, serta memiliki keinginan yang kuat terhadap hal-hal yang baru, cenderung memiliki kemampuan untuk mempelajari hal-hal baru dengan baik. Ada 2 tipe kepribadian yang bisa mempengaruhi kemampuan belajar.

a. Orang yang senang menyalahkan orang lain atau menggantungkan orang lain untuk menentukan apa yang terjadi
b. Orang yang tidak mudah menyalah-nyalahkan orang lain terhadap kejadian buruk yang menimpanya, namun ia juga percaya diri ketika mengalami keberhasilan.


2. Lingkungan

Lingkungan yang baik dan mendukung berpengaruh besar bagi lansia untuk termotivasi belajar. Lingkungan yang mendukung bisa datang dari keluarga, lingkungan sosial, pertemanan, dan lingkungan sekitar rumah. (mag)

sumber:  Psikolog Pendidikan Tri Puspitarini, S.Psi. M.Psi., dalam kelas lansia online, bertajuk 'Semangat Belajar di Usia Senja', yang dilaksanakan Geriatri.id bekerjasama dengan Pergemi, Jumat (24/7).

foto: ilustrasi lansia belajar (Pxfuel)

Artikel Lainnya
Artikel
07 Agustus 2020 06:28 Wib
Tags
lansia
lansia sehat
merawat lansia
geriatri
kesehatan mental lansia
lansia belajar
tri pusptarini