Kembali
×
Cegah Covid-19, Yuk Kita Jaga Asupan Nutrisi
18 Juli 2020 14:31 WIB

Geriatri.id - Membangun daya tahan tubuh di masa pandemi Covid-19 ini memang sangat penting. Terlebih bagi para lansia, yang merupakan kelompok rentan terhadap penularan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. dr. Cipuk Muhaswitri, M. Gizi, Sp.GK mengatakan, peningkatan infeksi penyakit, salah satunya dipengaruhi oleh daya tahan tubuh.

"Ada beberapa faktor yang mempengaruhi daya tahan tubuh, yaitu nutrisi, aktivitas fisik, cukup tidaknya istirahat dan stres," kata dr. Cipuk, di acara 'Kelas Lansia Online' bertajuk: 'Nutrisi Penting untuk Meningkatkan Imunitas Lansia di Masa Pandemi', yang diselenggarakan Geriatri.id bersama Pergemi, Jumat (17/7).

Pada lansia, selain faktor di atas, ada beberapa faktor lain yang juga bisa mempengaruhi daya tahan tubuh. "Secara internal, fisiologis ada penurunan dimana semakin bertambah usia ada penurunan fungsi dalam tubuh seperti massa otot berkurang, kulit semakin menipis, dan menurunnya imunitas tubuh serta fungsi lainnya," jelas dr. Cipuk.

Secara eksternal, ada faktor makanan, aktivitas fisik, kerentaan, stres dan kondisi tertentu seperti penyakit kronik dan juga kondisi perawatan dengan obat-obatan. Faktor-faktor tersebut akan sangat mempengaruhi kondisi daya tahan tubuh lansia.

Karena itu, lansia memang rentan terhadap penularan penyakit seperti Covid-19. Faktor usia, penyakit penyerta, dan daya tahan tubuh menjadi faktor yang membuat lansia semakin rentan. "Usia semakin lanjut semakin besar risikonya, juga jika ada penyakit penyerta seperti kencing manis, darah tinggi, jantung, gula dan sebagainya," jelas dr. Cipuk.

Karena itu, bagi lansia, menjaga asupan nutrisi untuk membangun daya tahan tubuh terhadap penyakit menjadi penting. "Nutrisi itu mempengaruhi daya tahan tubuh meliputi makro dan mikro nutrien," jelas dr. Cipuk. Makro nutrien terdiri dari karbohdrat, protein dan lemak. Sementara mikronutrien terdiri dari mineral dan vitamin. 

"Asupan karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral semua akan memetukan status gizi seseorang yang akan mempengaruhi daya tahan tubuhnya," kata dr. Cipuk.

Status gizi, terentang mulai dari kurang gizi hingga kelebihan gizi. Lansia harus menjaga agar jangan sampai berstatus kurang gizi karena akan menyebabkan menurunnya jumlah sel imun. Namun harus menjaga pula agar jangan sampai kelebihan gizi karena akan mengakibatkan peradanga level rendah dan gangguan imunitas. "Yang terbaik adalah menjaga kondisi tubuh dalam rentang berat badan ideal," jelas dr. Cipuk.

Rentang berat badan ideal adalah ketika memiliki Indeks Massa Tubuh antara 18.5 sampai dengan 22,9. "Untuk menjaga indeks massa tubuh tetap ideal, konsumsi makanan sesuai kebutuhan energi yang disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, dan aktivitas fisik atau disesuaikan dengan angka kecukupan gizi, bagi lansia menggunakan angka kecukupan gizi lansia sehat," jelas dr. Cipuk. (mag)

foto: ilustrasi makanan sehat (pxhere)

Artikel Lainnya
Artikel
07 Agustus 2020 06:28 Wib
Tags
lansia
lansia sehat
merawat lansia
geriatri
gizi lansia
nutrisi lansia
dr cipuk