Kembali
×
Tips Bepergian bagi Lansia
09 April 2019 18:31 WIB

Bagi lansia, bepergian menjadi hal yang perlu diperhatikan. Baik itu menggunakan pesawat terbang, kendaraan mobil atau menaiki perahu sebagainya.  Suhu dan iklim atau cuaca yang berubah, berjam-jam berjalan dan berdiri, dapat berdampak buruk pada kesehatan dan kesejahteraan lansia. Namun, ada beberapa cara agar pengalaman perjalanan sang lansia lebih nyaman dan aman.

Berikut ini hal yang perlu dilakukan:

Gunakan Transportasi di Bandara

Umumnya, bandara menyediakan kendaraan khusus untuk penumpang dengan kondisi tertentu atau disalibitas atau yang membutuhkan bantuan tambahan dari satu area terminal ke area lainnya. Hubungi untuk membuat reservasi kendaraan ini sehingga ada petugas yang mengantar lansia di sekitar bandara.

Kenakan Pakaian Longgar

Kenakan pakaian yang nyaman dan longgar sehingga tidak menimbulkan panas dan risiko tekanan darah rendah. Pakaian longgar mengurangi risiko pembekuan darah saat Anda duduk atau berdiri dalam waktu lama. Stocking kompresi dapat membantu merangsang sirkulasi di kaki bagian bawah pada penerbangan dalam jangka waktu lama.

Kemas Obat yang Dibutuhkan 

Pastikan Anda mengikuti semua pedoman bandara untuk barang bawaan, dan stok obat-obatan dalam wadah atau tas agar mudah pengambilannya. Pastikan untuk memasukkan semua informasi resep dan persediaan lain yang diperlukan untuk minum obat. Mengemas semuanya bersama-sama dalam kantong plastik bening akan membuatnya lebih mudah ketika melewati pemeriksaan bagasi.

Minum banyak air

Banyak pelancong dari kalangan lansia menderita dehidrasi yang dapat menyebabkan kelelahan dan mengganggu kadar gula darah. Pastikan lansia terhidrasi dengan baik di sepanjang perjalanan, dan hindari minuman berkafein karena dapat menghabiskan air dan mineral penting bagi tubuh.

Datang ke Bandara lebih Awal  

Tergesa-gesa untuk mengejar penerbangan dapat menyebabkan stres dan kecemasan. Jadi rencanakan perjalanan lansia dengan baik sehingga tepat waktu. Hindari pemesanan tiket penerbangan yang terlalu berdekatan atau mepet waktunya, atau lansia harus bergegas dari satu ujung terminal ke termimal yang lain hanya untuk mengejar penerbangan. Biasanya usahakan untuk tiba di bandara setidaknya 1 1/2 hingga 2 jam sebelum jadwal penerbangan.(hil)

 

 

Artikel Lainnya
Tags
fkui
rscm
geriatri
lansia
lanjut usia
usia lanjut
traveling