Kembali
×
Apakah Buah Bisa Tingkatkan Stamina Lansia?
04 Juni 2020 16:02 WIB

Oleh : dr. Rensa, Sp.PD-KGer, FINASIM

Dok, apakah lansia boleh makan buah dalam kondisi perut kosong? Lalu, buah apa saja yang disarankan bagi lansia, buah apa yang bisa menambah stamina?

Jawab:

Berdasarkan beberapa kepustakaan, konsumsi buah ataupun sayur ketika perut kosong akan lebih baik dicerna. Tapi, pada kalangan lansia, dinding lambung sudah mengalami perubahan.

Produksi asam lambung pada lansia berbeda dengan populasi atau kalangan muda.  Saran saya, bila konsumsi buah sebelum makan silakan, tapi kalau lambung merasa tak nyaman, jangan dipaksakan karena harus disesuaikan. Respons tubuh tiap orang berbeda. Konsumsi buah setelah makan padat memang baik, saya sarankan kasih jeda antara jadwal makan padat dan buah supaya ada waktu untuk mencerna protein, karbohidrat dan makronutrien.

Jadi, tunggu setelah 1 jam makan padat, baru makan buah sehingga akan lebih lebih terserap daripada makan padat terus langsung makan buah. Ini akan membuat sebagian tak terserap dengan baik karena tercampur dengan makanan padat.  Jadi beri jeda waktu 1 jam makan padat lalu makan buah ya.

Kemudian, tak semua buah dikonsumsi boleh dapat kondisi perut kosong. Buah bisa menimbulkan rasa tak enak pada lambung. Yang paling sering menggangu lambung adalah buah yang rasanya asam tinggi. Bebeapa ada yang menyukai konsumsi lemon pada pagi pagi, ini kurang dianjurkan bagi lansia karena beberapa psien terbukti jadi merasa kurang nyaman. Namun, bila ada yang merasa tetap nyamaan, tandanya ia tak memiliki keluhan apapun.

Lalu, buah apa saja buat menambah stamina? Yang pasti, variasikan saja buah-buahan dan sayur.  Pada komponen buah ada gabngan vitamin A, B, C dan lain-lain sehingga semakin banyak variasi buah, tubuh akan lebih banyak mendapatkan vitamin dan mineral. (hil)

Foto : freepik.com

 

 

Artikel Lainnya
Artikel
25 September 2020 23:37 Wib
Artikel
25 September 2020 11:00 Wib
Artikel
24 September 2020 09:20 Wib
Artikel
22 September 2020 06:30 Wib
Tags
geriatri
lansia
buah
lanjutusia
usialanjut