Kembali
×
Selamat Pagi, Opa Oma, Jangan Lupa Buka Jendela Rumah
04 Juni 2020 08:33 WIB

Rumah tetaplah tempat terbaik bagi lansia di masa pandemi seperti ini. Oleh karena itu, sangatlah penting menjaga tempat tinggal agar senantiasa higien.

Membuka jendela dan tirai di pagi hari termasuk salah satu upaya memelihara kesehatan rumah. Masuknya sinar matahari dan pergantian udara di dalam rumah amatlah diperlukan apalagi bagi lansia yang memiliki alergi terhadap debu dan polusi.

Sinar matahari di pagi hari bisa membunuh bakteri penyebab penyakit, yang senang hidup dalam kondisi gelap dan lembab. Sedangkan udara pagi dapat segera menggantikan udara pengap yang sepanjang malam memenuhi ruangan rumah.

Penelitian Mayo Clinic dari Amerika Serikat menyebutkan, sinar matahari dan udara pagi yang cukup dapat membantu tubuh memproduksi hormon serotonin, yang berperan dalam meningkatkan perasaan bahagia, tenang, dan fokus.

“Menjaga kualitas udara di dalam rumah menjadi sangat penting. Jika tidak, lansia dapat mengalami gejala bersin atau batuk dan memudahkan mereka terkena infeksi. Beberapa penelitian juga menunjukkan hubungan antara polusi dan kurangnya lahan hijau di perkotaan berdampak pada menurunnya kualitas udara di rumah, yang dapat menjadi penyebab depresi dan meningkat risiko demensia pada lansia,” ujar ahli geriatri terkemuka di Indonesia, Prof. Siti Setiati, MD, PhD,, seperti tertuang dalam pernyataan pers Philips untuk merayakan Hari Lansia Nasional pada 29 Mei lalu.

Terkait situasi pandemi Covid-19, Prof. Siti yang juga ketua umum Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI), selalu menekankan pentingnya para lansia untuk tetap tinggal di rumah agar terhindar dari risiko Kesehatan, karena sistem imun yang menua juga membuat lansia lebih sulit untuk melawan penyakit, infeksi dan virus.

“Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di dalam rumah, seperti membaca, berkebun, bermain teka-teki, atau memasak. Untuk memenuhi kebutuhan sosial, keluarga atau perawat dapat membantu mereka berkomunikasi lewat panggilan video secara berkala, ” paparnya.

Sementara itu, presiden direktur Philips Indonesia, Pim Preesman, menyatakan komitmen pihaknya dalam mendukung masyarakat Indonesia untuk dapat memberikan perhatian terhadap kebutuhan para lansia, terutama pada masa penuh tantangan seperti saat ini.

“Dalam situasi yang tidak menentu seperti sekarang ini, rumah dapat menjadi tempat paling aman untuk Anda dan anggota keluarga lansia. Karenanya, Philips ingin membantu menjadikan rumah tempat yang lebih baik, dengan menyediakan solusi untuk membantu masyarakat merasa lebih baik dan menjaga kesehatannya di rumah,” ujarnya. (as)

Artikel Lainnya
Artikel
08 Juli 2020 07:04 Wib
Artikel
07 Juli 2020 19:10 Wib
Tags
rumah sehat
lansia sehat