Kembali
×
Pasangan Lansia Terkena Covid-19, Rayakan Ultah Nikah di RS
26 Mei 2020 19:01 WIB

Geriatri.id - Pandemi covid-19 yang melanda dunia ini memunculkan kisah-kisah sedih, haru dan tak terduga. Salah satunya, cerita dari Italia, sepasang lansia yang terinfeksi virus corona ini terpaksa harus merayakan ulang tahun pernikahan di rumah sakit.

Adalah seorang oma bernama Sandra (71 tahun) dan suaminya Giancarlo (73 tahun) merayakan hari spesial mereka yang ke 50 tahun dalam suasana yang prihatin. Kedua lansia ini tengah mengalami perawatan covid-19 di rumah sakit Murri di kawasan Marche, Italia. Mengetahui mereka telah menikah selama 50 tahun, seorang perawat rehabilitasi, Roberta Ferretti bersama rekan sejawatnya merencanakan kejutan hari pernikahan.

"Sandra banyak menangis bukan karena kondisinya , tapi justru khawatir akan kondisi suaminya. Dia mengatakan pada saya,  betapa dia mencintai suaminya setelah bertahun-tahun. Ketika saya mengetahui bahwa ini hari pernikahan mereka, saya pikir mereka harus merayakannya," papar Ferretti seperti dikutip The Sun.

Kemudian, Ferretti dan sejawatnya menyiapkan kue dan memindahkan kasur perawatan pasangan lansia tersebut agar cukup berdekatan sehingga bisa berpegangan tangan.  Kemudian, para staf medis mengelilingi pasangan lansia tersebut. Sementara, Sandra dan Giancarlo tampak berpegangan tanan sambil berbaring di kasur perawatan masing-masing.  

Perawat juga sudah menyiapkan kue kecil yang diberi lilin berbentuk angka 50. Akan tetapi, lilin tersebut tidak dinyalakan karena berada di dekat tangki oksigen.

Foto-foto perayaan ulang tahun pernikaha pasien lansia ini pun dikirimkan kepada anak-anaknya, yaitu Andrea dan Gianluca. Mereka sangat senang dan berterima kasih pada tim rumah sakit yang sangat perhatian pada orangtuanya. "Kami menerima hadiah yang luar biasa. Orang tua kami dilahirkan untuk bersama. Mereka adalah pasangan yang langka, tidak ada lagi seperti mereka," papar kedua anaknya.

Sementara itu, Kepala unit perawatan intensif rumah sakit, Lusisanna Cola memberikan apreasi positif bagi tenaga medis yang mendukung pasien dengan hal-hal demikian sehingga memberi harapan dan semangat untuk pulih. "Saya mendorong semua staf rumah sakit untuk selalu memberikan semangat dan harapan untuk pemulihan mereka. Kadang-kadang, keajaiban terjadi, seperti kedua pasien lansia ini,” kata Lusisanna.

Dikabarkan, pasangan lansia ini berhasil sembuh dari covid-19 dan diperbolehkan pulang. Lansia merupakan kalangan yang rentan terinfeksi covid-19. Kesembuhan pasien lansia dari wabah ini merupakan sesuatu yang membahagiakan bagi tim medis. (hil)

Foto : freepik.com

 

Artikel Lainnya
Artikel
26 September 2020 06:40 Wib
Artikel
25 September 2020 23:37 Wib
Artikel
25 September 2020 11:00 Wib
Artikel
24 September 2020 09:20 Wib
Tags
geriatri
lansia
lanjutusia
usialanjut
corona
virus
covid19