Kembali
×
Lansia Usia 104 Tahun Pernah Sakit Kronis, Sembuh dari Covid-19
25 Mei 2020 19:50 WIB

Geriatri.id - Seorang wanita lansia berusia 104 berhasil sembuh dari infeksi virus corona atau covid-19. Lansia bernama Ida Acconciamessa dari New York, Amerika Serikat ini, sebelumnya pernah mengalami kanker melanoma, infeksi usus besar, dan dua pinggul patah. Saat wabah flu spanyol yang melanda dunia, ia pun berhasil selamat dari infeksi tersebut. 

Seperti dikutip dari Insider, Ida yang tinggal di panti jompo di Brooklyn ini dinyatakan positif terkena covid-19 pada awal April lalu. Saat itu, ia harus mendapatkan bantuan ventilator atau oksigen dengan kondisi lemah dan tidak bisa makan. Setelah satu bulan menjalani perawatan, Ida dinyatakan sembuh dari covid-19.

Selain covid-19, Ida juga melewati pandemi flu Spanyol di masa mudanya, dua pinggul patah, sembuh dari melanoma stadium 4, dan  infeksi bakteri Clostridioides difficile.  Barbara Senese, putri Ida mengatakan bahwa ibunya sering mengalami dan melewati berbagai kondisi kesehatan. "Dia selalu berkata, 'Saya lahir di bawah bintang keberuntungan' itulah mantra hidupnya," kata Barbara seperti dikutip New York Post.

Barbara mengunjungi ibunya setiap hari di Sheepshead Nursing and Rehabilitation Center. Panti jompo itu membatasi sementara kunjungan karena merebaknya wabah covid-19. Barbara pun tak boleh kontak langsung dengan ibunya dan harus menggunakan sarung tangan serta masker. Namun pada kunjungannya di akhir Maret, Ida terlihat tak sehat. Pada 4 April, Ida dinyatakan mengidap COVID-19.

"Kami benar-benar tidak berpikir dia akan bisa melewati penyakit," kata Barbara. Sang ibu tampak tak sanggup untuk bicara dan terlihat seakan tidak bernyawa. Namun, Ida dinyatakan sembuh dari covid-19.  Kini, pihak panti jompo mengatakan bahwa Ida sudah kembali bawel.

"Di usia 104 tahun, bisa sembuh dari covid-19 adalah keajaiban," kata Marco Perrone, supervisor di panti jompo tersebut. "Ada orang yang masih muda tapi meninggal karena covid-19, jadi sungguh menakjubkan dia bisa bertahan hidup dari pandemi ini.” (hil)

Foto: freepik.com

 

Artikel Lainnya
Artikel
26 September 2020 06:40 Wib
Artikel
25 September 2020 23:37 Wib
Artikel
25 September 2020 11:00 Wib
Artikel
24 September 2020 09:20 Wib
Tags
geriatri
lansia
lanjutusia
usialanjut
corona
virus
covid19