Kembali
×
5 Langkah Cegah Covid-19 pada Lansia           
25 Mei 2020 09:16 WIB

Geriatri.id -  Lanjut usia menjadi kalangan yang rentan terinfeksi virus corona atau covid-19. Sebagai upaya antisipasi, lansia perlu menerapkan 5 langkah penting mencegah covid-19 sesuai anjuran dari PERGEMI.

Nah, berikut ini uraian yang dipaparkan dr. Anastasia Asylia Dinakrisma, SpPD., Staf Divisi Geriatri, Departemen Ilmu Penyakit Dalam, FKUI-RSCM pada acara kelas lansia online yang diselenggarakan geriatri.id:  

  1. Rajin mencuci tangan

Cuci tangan seluruh permukaan tangan dan sela-sela jari dengan sabun serta air mengalir selama minimal 20 detik. Atau, dengan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60% hingga mengering.

Waktu cuci tangan terutama setelah bersin atau batuk, setelah dari kamar mandi, sebelum makan atau menyiapkan makanan, setelah beraktivitas.

Hindari memegang mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan.                           

2. Menjaga jarak, melakukan karantika atau isolasi mandiri

Lakukan physical distancing atau menjaga jarak  minimal (1-2 meter) satu sama lain di luar rumah dengan siapapun dan hindari kontak fisik langsung.

Karantina dilakukan untuk menjauhkan orang yang mungkin terpapar Covid-19 dari orang lain.

Isolasi dilakukan jika kita kemungkinan menderita Covid-19.  memisahkan orang yang sudah didiagnosis sakit dengan yang sehat.

Tidak bepergian ke lokasi yang terjangkit covid-19. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit infeksi saluran napas.  Istirahat di rumah dan menganjurkan orang lain untuk istirahat di rumah/tidak bepergian keluar rumah bila ada gejala infeksi saluran napas (karantina).Hindari tempat-tempat kerumunan.

3. Gunakan masker dan terapkan etika batuk

Gunakan masker kain jika sakit di dalam rumah atau jika terpaksa keluar rumah. Masker kain harus dicuci setiap hari, masker bedah dan n95 hanya untuk tenaga medis.

Adapun cara membuka dan memasang masker yang benar: cuci tangan sebelum dan sesudah memegang masker, menutup seluruh hidung dan mulut dengan ukuran pas di wajah, saat melepas hanya menyentuh tali, jangan bagian depan masker.Masker wajib digunakan saat pergi kemanapun.

Adapun etika batuk yang benar:

Tutup hidung dan mulut dengan tisu sekali pakai

Tutup hidung dan mulut dengan lengan baju

Buang tisu ke tempat sampah tertutup

Lalu cuci tangan

Pakai masker

 

4. Desinfeksi

Desinfeksi merupakan proses membunuh kuman pada benda yang terkontaminasi. Dapat berupa desinfeksi permukaan benda-benda, udara/ruangan, permukaan lunak, pakaian.

Desifensi tidak diperuntukkan untuk tubuh karena menyebabkan iritasi kulit dan berbahaya jika dihirup napas.

Jenis desinfektan yang dapat dipakai: pemutih, karbol, pembersih lantai, larutan alkohol 70%, hydrogen peroksida, pengenceran sesuai petunjuk. Gunakan APD (masker, sarung tangan dan sepatu boots) saat melakukan desinfeksi.

5. Gaya hidup sehat

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan, di antaranya:

Istirahat bila sakit, istirahat yang cukup bagi yang sehat

Menjaga kesehatan dengan mengonsumsi buah dan sayur kaya vitamin dan makan makanan bergizi

Menjaga daya tahan tubuh dengan baik

Segera berobat jika memiliki gejala gangguan saluran napas

Jika merasa kesehatan tidak nyaman, dan terdapat riwayat bepergian ke negara yang sudah ada transmisi lokal, gunakan masker dan pergilah ke layanan kesehatan (hil)

Foto: freepik.com

 

Artikel Lainnya
Artikel
26 September 2020 06:40 Wib
Artikel
25 September 2020 23:37 Wib
Artikel
25 September 2020 11:00 Wib
Artikel
24 September 2020 09:20 Wib
Tags
geriatri
lansia
lanjutusia
usialanjut
virus
corona
covid19
covid