Kembali
×
Pantangan bagi Lansia dengan Vertigo
23 Mei 2020 01:22 WIB

Oleh : dr. Ika Fitriana, Sp.PD Staf Geriatri Divisi Ilmu Penyakit Dalam FKUI - RSCM

Dok, saya berusia 63 tahun. Secara umum, saya sehat. Namun, pada tahun 20212 saya pernah mengalami vertigo. Lalu, pada 2017, vertigo kambuh lagi. Ketika diperiksa dokter, saya disarankan pantang minum teh, cokelat dan kopi. Saya ikuti anjuran tersebut dan ternyata sembuh. Yang ingin saya tanyakan, selain berpantang yang tadi, apa yang harus saya lakukan agar benar-benar bebas dari vertigo? Oh ya, saya tak suka minum obat dan saya takut disuntik. Tekanan darah saya cenderung rendah. Bagaimana cara alami menaikkan angka tekanan darah? Konon makan sate bagus ya buat meningkatkan tekanan darah? Terima kasih Dok.

Jawab:

Kalau vertigo itu penyebabnya banyak sekali.  Jangan lupa, selain makanan, minuman juga jangan terlalu dingin atau panas, terlalu manis juga demikian. Untuk pantangan makan tidak ada lagi selain teh, cokelat kopi, karena itu mengandung kafein bu.

Namun pada intinya, asupan makanan yang penting diperhatikan oleh para lansia adalah:

Pertama, tinggi protein. Kedua, banyak serat  Ketiga, kalau bisa bervariasi buah dan sayur, warna,dan  teksturnya,  Keempat, rendah karbohidrat dan lemak.

JIika lansia mengalami vertigo dan masalah ini dibiarkan, bisa membuat aktivitas  berkurang dan mudah jatuh. Jadi kalau sudah mulai kleyengan, pusing berputar, harus dievaluasi ya.

Kemudian, tidak perlu dipaksakan makan sate  ya.  Yang penting cukup cairan, tidur teratur dan cukup serta aktivitas fisik. Ada orang-orang yang terbiasa tekanan darahnya rendah.  Jadi kalau mengalami kurang minum atau kelelahan, kurang tidur, dan tekanan darah lebih rendah lagi, justru jadi mudah mengalami vertigo. (hil)

Foto : freepik.com

Artikel Lainnya
Tags Article
geriatri
lansia
usialanjut
lanjutusia
vertigo