Kembali
×
Perlukah Lansia Mengonsumsi Suplemen?
22 Mei 2020 19:28 WIB

Oleh : dr. Vera Sp,PD, K-Ger

Dok, bolehkah lansia mengonsumsi suplementasi untuk meningkatkan imunitas tubuh, apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini? Terima kasih penjelasannya, Dok.

Jawaban:

Mengonsumsi suplementasi sebenarnya tidak dianjurkan, terlebih bila lansia mengalami masalah dengan pencernaan seperti usus dan lain-lain. Yang terpenting adalah asupan makanan yang bervariasi. Jadi, jangan hanya satu macam lauk, harus ada kandungan protein hewani, nabati, serat yang cukup, karbohidrat, dan sedikit lemak.

Tak sedikit lansia kurang mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seragam, hanya makan telor, tahu atau tempe. Cukupi juga asupan sehari-hari dengan buah-buahan. Tapi, jangan melulu papaya atau jeruk. Lansia perlu juga variasi jenis buah, misalnya coba jambu biji yang dijus dan buah-buahan lainnya. Kemudian, hindari jenis makanan yang cenderung keras, misalnya kerupuk, karena gigi bisa saja patah.

Usai makan, jangan lupa untuk membersihkan area gigi dan mulut. Menyikat gigi saja tidak cukup, lidah pun perlu dibersihkan. Termasuk area pipi bagian dalam yang sering luput dibersihkan. Bila area mulut tidak bersih, lansia berisiko mengalami penyakit infeksi yang bahkan kumannya bisa menuju paru-paru.  Untuk menyikat gigi, gunakan sikat gigi bayi yang dimasukkan ke telunjuk, lalu gunakan air hangat atau air garam.

Untuk lansia, asupan suplementasi yang mungkin dibutuhkan adalah vitamin D. Kebutuhan zat ini belum tentu cukup hanya dengan berjemur di pagi hari. Namun, perhatikan dosisnya jangan terlalu tinggi. Ikuti saran dan ajuran dokter. (hil)

Foto: freepik.com

 

Artikel Lainnya
Tags Article
geriatri
lansia
lanjutusia
usialanjut
suplemen
imunitas