Kembali
×
5 Makanan Sehat bagi Lansia
06 April 2019 14:58 WIB

Makanan yang sehat membantu menjaga tubuh tetap kuat, pikiran tajam, dan tingkat energi Anda naik seiring bertambahnya usia. Nah, untuk mencapai manfaat tersebut, pastikan lima jenis makan ini menjadi bahan pangan konsumsi Anda sehari-hari:

1. Buah dan Sayuran Berwarna-warni

"Semakin warnanya merah gelap, semakin hijau, semakin kuning, semakin oranye maka bahan pangan itu memiliki kandungan zat gizi yang baik," kata Diane Stadler, PhD, RD, asisten peneliti profesor kedokteran di Oregon Health & Science University .

Warna alami dari buah dan sayuran tersebut mengandung banyak vitamin dan antioksidan. Stadler merekomendasikan blueberry, raspberry merah, dan ceri gelap sebagai buah-buahan yang ideal. Jangan lewatkan pula sayuran yang berwarna gelap dan berdaun seperti bayam, kangkung.

2. Susu

"Susu sangat penting bagi orang-orang saat mereka semakin tua," kata Stadler. "Kebutuhan kalsium tinggi dan mereka tetap tinggi, dan Anda tidak bisa mendapatkan makanan lain yang mengandung kalsium tinggi seperti susu."

Susu memberikan hampir semua kalsium yang dibutuhkan. Susu juga merupakan sumber vitamin D - sangat penting untuk tulang yang sehat. Banyak orang tidak mendapatkan vitamin D yang cukup. Seiring bertambahnya usia, semakin sulit bagi tubuh Anda untuk membuat vitamin D hanya dengan “berjemur” di bawah sinar matahari. Pilihlah susu rendah lemak atau tanpa lemak, yogurt, dan keju.

3. Gandum Utuh

Makanan “pembangkit tenaga” ini sangat penting. Gandum juga sumber vitamin B yang baik dan sarat dengan serat. Gandum murni mudah ditemukan. "Ada banyak variasi selain havermut dan gandum utuh, seperti quinoa, yang sangat tinggi protein," kata Stadler.

4. Protein

Banyak bahan pangan yang mengandung protein yang tinggi, seperti ikan, unggas, daging, kacang-kacangan, dan produk susu. Saat memilih daging perhatikan bagian atau lapisan lemaknya. Hindari lemak daging karena itu adalah lemak jenuh yang mengandung kolestrol jahat.

5. Ikan yang mengandung Omega-3

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan mackerel adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik. Stadler mengatakan mengonsumsi hanya dua porsi ikan berlemak per minggu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Salmon kalengan adalah pilihan yang baik karena mengandung tulang ikan yang dapat dimakan, menambah kandungan kalsium. Jika Anda tidak makan ikan di rumah, pesanlah saat makan di restoran.

Referensi: webmd.com

 

Artikel Lainnya
Tags
fkui
rscm
geriatri
lansia
lanjut usia
usia lanjut