Pangeran Charles Kena Corona, Ratu Elizabeth II ‘Mengungsi”

Geriatri.id - Pangeran Charles (77 tahun) dinyatakan positif terkena virus corona Covid-19 yang kini sedang mewabah di dunia.  Saat ini, Putra Ratu Elizabet II ini melakukan karantina atau isolasi mandiri di kediamannya di wilayah Skotlandia.

Sementara itu, Ratu Elizabeth II meninggalkan London sebagai upaya ‘pencegahan bijaksana’. Selain itu, Ratu juga beralasan sedang memulai liburan paskal lebih awal di Windsor Castle.

Di sisi lain, Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson juga pada JUmat 27 Maret 2020, dinyatakan positif terinfeksi vius corona Covid-19. Kini, Johnson pun melakukan isolasi mandiri dan bekerja dari rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Juru bicara di Istana Buckingham seperti dikutip Hello menyatakan, Ratu Elizabeth II dalam kondisi kesehatan yang baik di Wndsor Castle. Sebelumnya, pada 11 Maret, sang Ratu sempat bertemu dengan PM Johnson. Keluarga kerajaan pun menunjukkan dukungan mereka pada tenaga medis yang berjuang menangani para pasien terinfeksi corona.

Inggris mencatat kasus kematian tertinggi pertama akibat pandemi corona ini. Dalam 24 terakhir, terjadi lebih dari 100 pasien yang meninggal akibat corona. Total ada 115 orang yang dinyatakan meninggal karena corona.

Pemerintah Inggris pun menerapkan kebijakan lockdown (pembatasan akses total) selama tiga pekan untuk melawan penyebaran virus corona mulai Senin (23/3)  kemarin. Peraturan ini ditetapkan karena warga mengabaikan anjuran untuk menjaga jarak (social distancing) dan tidak bepergian untuk menekan angka penularan virus ini.

Johnson memerintahkan warga Inggris untuk sementara tidak bepergian jika tidak ada urusan mendesak dan melarang penduduk berkumpul lebih dari dua orang. Pemerintah Inggris juga telah mengimbau seluruh penduduknya untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri "yang bukan darurat" hingga satu bulan ke depan. (hil)

Foto ilustrasi : freepik.com