Kembali
×
9 Tips Bila Lansia Harus ke RS Kala Pandemi Corona
26 Maret 2020 09:10 WIB

Oleh : dr. Ika Fitriana, Sp.PD Staf Divisi Geriatri, Departemen Ilmu Penyakit Dalam, FKUI- RSUPN Cipto Mangunkusumo

Geriatri.id - Sebut saja namanya kakek Kunto (86 tahun). Beliau sangat periang, sudah mengidap penyakit jantung dan hipertensi lebih dari tiga puluh tahun. Kakek Kunto kemana-mana menggunakan kursi roda karena penyakit Parkinson yang makin berat. Ia juga sudah tidak bisa mendengar dengan baik dan sudah mengalami penurunan fungsi memori.

Namun, kakek Kunto masih mau melakukan banyak hal. Kakek Kunto tidak bisa mengerti mengapa ia perlu masker jika ke rumah sakit. Karena itu, ia selalu berusaha membuka maskernya. Padahal ia harus rajin kontrol tiap bulan untuk mengambil obat rutinnya.

Anak kakek Kunto yang biasa mengantarnya menjadi bingung bagaimana jika akek Kunto tertular pasien sakit di rumah sakit, apalagi sedang pandemi corona COVID-19 ini.

Lalu bagaimana ya caranya? Berikut hal penting kita ketahui :

a. PERGEMI (Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia) sudah mengeluarkan rekomendasi untuk para lansia agar tidak berobat kecuali jika ada kegawatdaruratan. 

b. Mintalah nomer dokter langganan Anda atau rumah sakit tempat biasa berobat. Tanyakan apakah ada prosedur yang berlaku yang meringankan agar pasien lansia tidak perlu diajak serta untuk kontrol, apalagi hanya untuk mengambil obat rutin.

Jika terpaksa harus kontrol, berikut ini hal yang perlu diperhatikan  :

1. Pastikan para lansia mengerti bagaimana cara menggunakan masker yang baik dan mengapa ia harus menggunakan masker.

2. Pastikan ia tidak memegang wajahnya dan tidak memegang apapun selama di rumah sakit.

3. Rajinlah membersihkan tangannya dengan hand sanitizer atau mintalah beliau untuk cuci tangan sesering mungkin dengan langkah-langkah yang benar bila lansia masih bisa melakukannya.

4. Jagalah jaraknya dengan orang lain lebih dari satu meter.

5. Kalau perlu mintalah nomor antrean dan bawalah pasien lansia hanya sesaat sebelum nomor antrian dipanggil agar meminimalkan kontak dengan yang lain.

6. Saat bertemu dengan dokter, jangan membuka masker dan jangan menyentuh apapun. Ingat ruangan dokter sama infeksiusnya dengan tempat lain.

7. Bawa makanan dan minuman dari rumah dan tidak mampir ke tempat-tempat lain, termasuk menunggu di apotek.

8. Pemeriksaan laboratorium  dan foto thoraks haruslah sesuai indikasi dari dokter, sebisa mungkin menghindari berlama-lama di rumah sakit.

9. Jelaskan dan terangkan secara detail keluhan yang ada, termasuk jika Anda mencurigai adanya kontak COVID sebelumnya (jika ada). Jika perlu siapkan catatan sebelum ke rumah sakit lengkap dengan pertanyaan-pertanyaan yang Anda ingin tanyakan agar waktu konsultasi menjadi efektif. (hil)

Foto ilustrasi : freepik.com

Artikel Lainnya
Artikel
29 Maret 2020 15:08 Wib
Artikel
29 Maret 2020 08:05 Wib
Tags Article
gerontologi
geriatri
pergemi
lansia
lanjutusia
usialanjut
lansiasehat
viruscorona
coronacovid19
covid19
pandemi