Kembali
×
Kenapa Mata Lansia Sering Berair?
27 Maret 2019 20:12 WIB

Geriatri.id - Mata merupakan salah satu indera yang paling penting. Nah, mungkin banyak yang tak menyadari bahwa air mata sangat berperan penting juga. Ya, air mata bertugas membasuh debu dan partikel yang masuk ke mata dan membuat mata tetap lembab.

Namun, dalam beberapa kasus, mata memproduksi air mata secara berlebih, sehingga seseorang tampak selalu berlinang air mata. Apa penyebabnya?

Penyebab mata berair di antaranya karena infeksi, iritasi, atau alergi. Penyebab lain yang umum adalah karena mata kering. Tubuh merespons mata kering dengan memproduksi lebih banyak air mata. Awalnya mata kering, kemudian muncul air mata sehingga mata tampak berkaca-kaca.

Nah, pada lansia ada yang disebut dengan sindrom mata kering. Kenapa bisa terjadi? Berikut di antaranya:

• Kelenjar meibomian di mata yang normal mengeluarkan bahan berminyak yang menyebabkan air mata menetes. Ketika hal itu tidak berfungsi secara normal maka air mata ekstra diproduksi. Biasanya keluar zat berminyak yang memperlambat penguapan air mata saat mengedip.

• Ketika kelenjar-kelenjar ini tidak berfungsi dengan benar, yang dikenal sebagai disfungsi kelenjar Meibom (MGD), itu dapat menyebabkan bercak-bercak kering di mata. Ini bisa menimbulkan sakit, dan secara refleks diproduksi air mata ekstra. Ini kemungkinan besar penyebab mata berair.

• Ketika kelopak mata bawah mengendur, mungkin sulit bagi air mata bergerak menuju saluran pembuangan yang tepat  Kondisi ini, yang disebut ectropion, dapat diatasi melalui operasi kecil. Jika kelopak mata bawah bergulung ke dalam, masalah yang sama dapat terjadi. Itu juga dapat diatasi melalui operasi.

• Peradangan atau infeksi pada tepi kelopak mata dapat menyumbat saluran drainase, menyebabkan mata sobek.

• Saluran air mata bisa tersumbat atau menyempit. Operasi kecil dapat menyelesaikan ini.

• Infeksi mata, seperti mata merah.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

• Lindungi Mata: Pakailah kacamata hitam untuk mencegah partikel dan melindungi dari silau.

• Gunakan Tetes Mata: Jika mata kering, gunakan beberapa tetes mata. (hil)

 

Artikel Lainnya
Artikel
04 Maret 2021 06:14 Wib
Artikel
01 Maret 2021 06:01 Wib
Tags
geriatri
lanjut usia
usia lanjut
lansia
mata
mata berair
berita lansia
lansia sehat
lansia bahagia