Kembali
×
Lansia Jaga Diri, Waspada Pembawa Covid-19 Tanpa Gejala
24 Maret 2020 17:34 WIB

Geriatri.id - Kelompok masyarakat yang telah berusia lanjut termasuk paling rentan dalam pandemi global virus corona (COVID-19) ini. Untuk itu, lansia diminya untuk menjaga diri dan mengurangi interaksi dengan orang lain.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengimbau masyarakat lanjut usia (lansia) betul-betul menjaga diri dengan social distancing agar tidak terserang virus corona (COVID-19).

“Jangan dekat dengan siapa pun termasuk anggota keluarga di rumah, karena belum tentu anggota keluarga di rumah aman," ujar Doni dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020.

Dia mengatakan  upaya menjaga diri juga harus dilakukan oleh mereka yang memiliki penyakit bawaan seperti diabetes, hipertensi, jantung dan penyakit lain, khususnya asma.

Doni mengatakan pasien yang dirawat di RS sudah pasti adalah orang yang positif COVID-19, namun yang justru berbahaya adalah mereka yang secara fisik tidak terlihat sakit tapi sebagai carrier atau pembawa COVID-19. "Yang berbahaya ketika tidak bisa identifikasi orang-orang di sekitar kita," kata Doni.

Per 24 Maret 2020 pukul 12.00 WIB, terdapat 686 kasus positif virus corona yang tersebar di 24 provinsi. Wabah ini telah merenggut nyawa 55 orang.  Sebanyak 30 orang telah dinyatakan sembuh.

Wilayah terjangkit yang melaporkan kasus positif Covid-19 yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat (Kab.Bekasi, Depok, Cirebon, Purwakarta, Bandung), Banten (Kab. Tangerang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan), Jawa Tengah (Solo), Kalimantan Barat (Pontianak), Sulawesi Utara (Manado), Bali dan DI Yogyakarta.

Pemerintah telah menetapkan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona Covid-19.  Protokol tersebut disusun bersama oleh beberapa kementerian. Masyarakat juga dapat menghubungi hotline 119 sebagai sarana respons cepat tanggap. (ymr)

Foto ilustrasi Pixabay

Baca juga:
Mengenal Social Distancing Wabah Corona
Virus Corona, Lansia Sebaiknya Hindari Keramaian
Waspada Wabah Virus Corona pada Lansia
Pemerintah Umumkan Protokol Kesehatan Antisipasi Virus Corona Covid-19
Studi Terbaru: Lansia Paling Berisiko Terkena Virus Corona Covid-19

Artikel Lainnya
Artikel
29 Maret 2020 15:08 Wib
Artikel
29 Maret 2020 08:05 Wib
Tags Article
lansia
geriatri
covid-19
virus corona