Kembali
×
Pekerjaan Rumahan Bisa Tingkatkan Kualitas Hidup Lansia
13 Februari 2020 15:33 WIB

geriatri.id - Pekerjaan rumah sederhana seperti memasak, mencuci piring, berkebun, atau berbelanja bermanfaat bagi kesehatan lansia. Studi Chhanda Dutta dari Clinical Gerontology Branch di National Institute on Aging, Maryland, Amerika Serikat, menujukkan pekerjaan rumahan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup lansia. 

Studi lainnya yang dimuat dalam jurnal BMC Public Health, Jerman mengungkapkan hal yang tak jauh beda. Aktivitas fisik ringan bisa membantu memperbaiki keseimbangan dan koordinasi, meningkatkan mood dan daya ingat, tidur lebih nyenyak, mencegah pengeroposan tulang dan mengurangi gejala tertentu akibat penyakit kronis. 

Selain itu, juga bisa mencegah menurunnya kesehatan bagi lansia dengan riwayat penyakit seperti diabetes atau stroke.

Penelitian ini menemukan angka harapan hidup lansia yang rajin melakukan pekerjaan rumahan lebih tinggi. Para peneliti mendapati mereka yang berusia 65 tahun ke atas dan menghabiskan 3-6 jam sehari untuk pekerjaan 'beres-beres' rumah, 25 persen kesehatannya lebih baik dibandingkan 1-2 jam. 

Namun untuk lansia terutama wanita diingatkan tidak terlalu lama melakukan pekerjaan rumahan. Kesehatan mereka cenderung menurun jika sudan lebih dari 3 jam melakukan pekerjaan rumahan. 

Umumnya pria lansia menghabiskan sekitar 3 jam sehari untuk pekerjaan rumahan, sedangkan wanita lansia bisa 5 jam sehari. Karena itu, lansia yang tinggal bersama pasangannya disarankan membuat pembagian pekerjaan rumahan sehingga kesehatan mereka tetap terjaga. (rif)

*Ilustrasi pekerjaan rumahan memasak (Pixabay)

Artikel Lainnya
Artikel
11 Juli 2020 15:12 Wib
Artikel
08 Juli 2020 07:04 Wib
Tags
lansia sehat
aktivitas lansia
pekerjaan rumah
hidup sehat