Kembali
×
Pilih Sepatu yang Aman dan Nyaman untuk Lansia
11 Februari 2020 10:26 WIB

geriatri.id - Ketika memasuki usia senja, ada banyak hal yang harus menyesuaikan dengan perubahan tubuh, termasuk bentuk kaki. Alas kaki atau sepatu yang aman dan nyaman akan membantu lansia dalam beraktivitas.  

Sebuah penelitian yang dilansir Japan Today, menyebutkan sepatu yang aman dan nyaman bagi lansia berbeda dengan sepatu pada umumunya. Ada beberapa kriteria khusus yang harus dipenuhi. 

Secara anatomi, sepatu lansia harus memuat kaki dan memiliki ruang yang cukup bagi jari. Selain itu, heel yang rendah dan cukup lebar serta mudah dipasang dan dilepas. Ukuran sepatu yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah untuk semua usia. Hanya saja risiko ini meningkat seiring dengan bertambahnya usia. 

Sepatu dengan ukuran yang tidak tepat bisa menyebabkan sakit pada bagian jari, telapak kaki dan tumit. Selain itu, sepatu yang tidak cocok bisa membuat risiko jatuh lebih tinggi yang menyebabkan terkilir, patah tulang, bahkan masalah psikologis dengan sakit kronis.

Anton Jellema dari Delft University of Technology, Belanda bersama timnya menganalisis 57 penelitian yang telah dipublikasikan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan lansia cenderung memiliki langkah lebih pendek namun peningkatan lingkar pada bagian kaki depan, pergelangan kaki dan punggung kaki dibanding usia lainnya. 

Sepatu yang terlalu sempit atau kekecilan dapat menyebabkan rasa sakit. Begitu pula sepatu kebesaran juga menyebabkan masalah seperti kecepatan berjalan semakin rendah, langkah kaki menjadi pendek dan cara berjalan yang tidak teratur.

Sepatu hak tinggi tidak disarankan untuk lansia karena bisa menyebabkan masalah seperti nyeri di tumit dan kapalan. Selain itu, sepatu jenis ini akan mempengaruhi keseimbangan. 

Untuk wanita lansia bisa memilih sepatu dengan hak yang lebih rendah dan lebar untuk meningkatkan keseimbangan dan mencegah terjatuh. Sol sepatu yang keras berguna untuk meningkatkan kestabilan postur dibanding sol yang empuk.

Penelitian ini belum menemukan jenis sepatu yang disarankan untuk lansia. Namun penelitian ini bisa menjadi panduan lansia dalam memilih sepatu. Pemilihan hak sepatu serta ukuran menjadi hal penting agar aman dan nyaman dalam beraktivitas.(rif)

*Ilustrasi sepatu (Pxhere) 

Artikel Lainnya
Artikel
11 Juli 2020 15:12 Wib
Artikel
08 Juli 2020 07:04 Wib
Tags
sepatu lansia
keseimbangan lansia
tips pilih sepatu
geriatri
lansia sehat