Kembali
×
Tips Cegah Gigi Ompong pada Lansia
21 Maret 2019 21:03 WIB

Geriatri.id Umumnya, para lansia kesulitan untuk makan dan bicara karena giginya sudah banyak yang tanggal alias ompong. Banyak yang menganggap, gigi tanggal adalah konsekuensi alami dari proses penuaan. Sebenarnya tidaklah demikian. Bahwa di usia lanjut pun gigi tetap bisa sehat dan tidak tanggal alias ompong.

Ada beberapa penyebab utama kenapa gigi bisa tanggal, yaitu: 

1.Trauma

Adanya benturan yang keras di area gigi atau bahkan kepala bisa menyebabkan gigi tanggal. Karena itu, berhati-hatilah ketika melakukan aktivitas.

2. Penyakit Serius

Selain penyakit gusi, penyakit kronis seperti diabetes, kanker, osteomielitis, dan penyakit autoimun, dapat menyebabkan orang dewasa kehilangan gigi.

3. Periodontitis (Penyakit Gusi)

Penyakit periodontal atau gusi dimulai sebagai penyakit yang ringan, namun bisa menyebabkan kerusakan serius pada mulut. Sebelum Anda menyadarinya, tanda-tanda yang Anda abaikan bisa menghancurkan tulang yang mengakibatkan kehilangan gigi.

Nah, lalu apa yang bisa kita lakukan agar gigi tidak ompong? Jadi, usia sebenarnya tidak memengaruhi banyaknya gigi tanggal pada seseorang. Berapapun usia Anda, gigi Anda bisa sehat. Bila Anda kurang merawat gigi, Anda bisa kehilangan gigi pada usia berapa pun.

Dengan kata lain, usia sebenarnya bukan merupakan faktor penentu kapan kita mulai kehilangan gigi. Seperti banyak hal lainnya, gaya hidup, pola makan dan praktek kesehatan yang baik, dalam hal ini prakeik kesehatan mulut yang baik, jauh lebih penting dalam menjaga kesehatan gigi dan menentukan usia gigi kita akan mulai rontok.

Dari semua penyebab yang disebutkan di atas, penelitian mengungkapkan penyakit gusi adalah penyebab utama orang dewasa mulai kehilangan gigi. Dalam kebanyakan kasus, penyakit gusi terjadi karena perawatan gigi dan mulut tidak dilakukan dengan baik dan rutin, yaitu setiap hari menyikat gigi dan flossing.

Jadi jawaban terbaik untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah agar tidak ompong adalah dengan membiasakan menjaga dan merawat kebersihan gigi dan mulut setiap hari. Ingatlah aturan “dua kali sehari dalam dua menit” terutama menjelang tidur.                                                           

Jadi, singkatnya, cara terbaik untuk mencegah gigi Anda agar tidak rontok adalah memastikan Anda merawat gigi yang baik setiap hari. Menjaga gigi Anda tetap sehat dan dalam kondisi prima adalah tugas yang jauh lebih sulit daripada menjaga tubuh Anda tetap bugar. Hanya dua menit membersihkan gigi dan mencuci mulut setiap hari, didukung dengan kunjungan rutin ke dokter gigi akan membuat gigi Anda tetap sehat dan tidak ompong di usia lanjut.(hil)

Referensi : periodontal.co.uk

Artikel Lainnya
Artikel
24 Januari 2021 09:48 Wib
Artikel
21 Januari 2021 07:22 Wib
Tags
geriatri
lansia
usialanjut
lanjutusia
lansiasehat
gigilansia
berita lansia