Mengenal Kamal Ismail, Arsitek Masjidil Haram yang Bekerja Tanpa Pamrih

Geriatri.id - Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah merupakan dua masjid megah di Arab Saudi. Mohammad Kamal Ismail adalah sosok di balik kemegahan dua masjid agung itu.

Kamal Ismail adalah seorang arsitek kelahiran Kota Mit Ghamr, Provinsi Dakahlia, Mesir pada 13 September 1908. 

Kamal Ismail diminta Raja Fahd bin Abdulaziz Al Saud untuk merencanakan dan melaksanakan perluasan dua masjid itu.

Dia mendapat tugas mendesain teknik perencanaan dan pengawasan proyek pemugaran kedua masjid itu. 

Baca Juga: Kumpulkan Uang Sejak Muda, Petani Lansia 98 Tahun Bisa Naik Haji

Untuk pekerjaan itu, Kamal Ismail menolak dibayar. Dia menolak dengan halus ketika Raja Fahd dan Perusahaan bin Laden menawarkan cek kosong untuk diisi sendiri.  

"Mengapa saya harus menerima upah (atas pekerjaan perluasan) dua masjid suci? Bagaimana saya menghadap Allah (di hari kiamat?)," ujar Kamal Ismail dikutip dari Nigerian Tracker pada Rabu 12 Juni 2024.

Penolakan itu dilakukan Kamal Ismail karena dirinya ingin mengabdi dan berkontribusi pada pembangunan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi tanpa upah.

Kamal Ismail dikenal sebagai sosok yang sangat teliti dan penuh pertimbangan dalam pekerjaannya, termasuk ketika merancang perluasan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. 

Dikutip dari Arab News, proyek pemugaran besar-besaran pertama Masjidil Haram, termasuk mengganti lantainya menjadi marmer pada 1926. 

Setelah itu, pemerintah Arab Saudi melakukan pemasangan lantai di Masjid Nabawi 15 tahun kemudian.

Proyek perluasan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi melibatkan insinyur, seniman dan perajin. Menurut Surat Kabar Islamiche Zeitung, sebanyak 600 insinyur ikut terlibat dalam pekerjaan itu. 

Baca Juga: Sisihkan Uang Hasil Penjualan Pisang, Pasangan Lansia Bisa Berangkat Haji

Kamal Ismail menikah di usia 44 tahun. Setelah istrinya meninggal dunia, dia memilih hidup sendiri dan mengabdikan diri untuk beribadah. Dia meninggal dunia pada 2 Agustus 2008 di usia 100 tahun.***

*Masjid Nabawi di Madinah.(Pixabay)

Untuk mendapatkan informasi seputar Haji Ramah Lansia lainnya klik DISINI.

*Jemaah memadati Masjidil Haram.(Foto:Dok.Kemenag)

Video Lansia Online