Kembali
×
Ingin Sehat Seperti Ratu Elizabeth II? Ini Tipsnya
29 November 2019 22:34 WIB

geriatri.id - Ratu Elizabeth II sudah berusia 92 tahun, tapi tetap terlihat sehat. Menyandang gelar Ratu Inggris, Ratu Elizabeth II kerap tertangkap kamera sedang aktif dalam berbagai kegiatan. 

Mungkin banyak yang bertanya apa rahasianya sehingga Ratu Elizabeth II tetap sehat di usia senja. 

Sosok yang bertanggung jawab menjaga kesehatan Sang Ratu adalah Mosaraf Ali, dokter pribadi kerajaan. Dilansir Brightside.me, Mosaraf Ali melalui bukunya "Dr. Ali's Nutrition Bible", membagikan tips bagaimana bisa tetap sehat di usia tua seperti keluarga kerajaan Inggris.

Menurut Mosaraf, kuncinya adalah menjalani gaya hidup sehat. Dengan cara itu, orang akan terhindar dari sakit parah. Kalaupun terserang penyakit, 80 persen di antaranya tidak membutuhkan penanganan dokter. 

Berikut 5 tips agar tetap sehat seperti Ratu Elizabeth:

1. Kualitas tidur dan selera makan
Tidak semua orang dapat dengan mudah tidur nyenyak. Orang sehat adalah mereka yang dapat dengan mudah tidur nyenyak, bangun dalam keadaan bugar, aktif sepanjang hari dan baru merasakan lelah di malam hari. Tanda sehat alainnya, tidak kehilangan selera pada makanan apapun, makan secukupnya tapi teratur.

2. Mendeteksi kesehatan melalui lidah
Perhatikan ujung lidah Anda. Kalau ujung lidah berwarna merah, mengindikasikan jantung Anda mungkin sedang bermasalah atau terlalu banyak karbohidrat.  

Kalau terdapat plak abu-abu pada lidah, fungsi usus Anda sedang terganggu atau kurang sehat. Jika terdapat bintik merah gelap pada lidah, pertanda anemia, sedangkan warna kuning menandakan masalah pada hati. Jika lidah terlihat keriput dan ada lapisan air liur transparan, Anda kurang minum. 

3. Mengonsumsi makanan bernutrisi
Perbanyak makan sayur dan buah misalnya dengan membuat jus. Lebih disarankan mengganti jus buah dengan wortel, apel, jahe, dan seledri.

Bagi vegetarian bisa mengganti protein dari daging dengan tahu, keju, susu almond, dan lainnya. Sedangkan bagi yang bukan vegetarian lebih disarankan mengganti daging dengan ayam atau kalkun.

Kurangi atau bahkan berhenti mengonsumsi makanan cepat saji, keju, jamur dan makan garam sesedikit mungkin. Minum air putih sekitar 6-8 gelas sehari.

4. Diet sehat
Pilih makanan ringan tapi kaya protein seperti telur, almond dan keju untuk sarapan. Atau tambahkan buah, sereal, dan yogurt.

Untuk makan siang, konsumsi kombinasi dari sayur, protein, dan karbohidrat. Bisa juga dengan menambahkan hidangan penutup yang tidak terlalu manis.

Untuk makan malam, sebaiknya sebelum pukul 8 malam. Konsumsi makanan ringan dan hindari makanan pedas, berat, atau manis karena bisa mengurangi kualitas tidur.

5. Menjaga postur tubuh
Ada sejumlah rekomendasi dari Mosaraf Ali agar tulang belakang tetap tegap. Saat duduk atau berdiri, usahakan kepala lurus ke depan.

Angkat dagu sampai Anda merasa leher dan bahu Anda tidak berlipat. Dorong bahu ke belakang agar Anda merasa lebih nyaman dan percaya diri. Lakukan rutin setiap hari agar postur tubuh bagus dan sehat. 

Foto" Ratu Elizabeth II (Pixabay)

Artikel Lainnya
Artikel
11 Desember 2019 17:39 Wib
Artikel
11 Desember 2019 08:06 Wib
Tags Article
Ratu Elizabeth II
tips sehat
lansia
geriatri
lansia sehat
lansia bahagia