Waspadai Dampak Polusi Udara pada Kesehatan Lansia

Geriatri.id -  Polusi udara menjadi salah satu faktor yang dapat memicu terjadinya risiko masalah kesehatan masyarakat, terutama pada kelompok lanjut usia (lansia).

Dosen Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Program Sarjana Terapan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), Vella Rohmayani mengatakan udara bersih menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi manusia.

Namun, semakin lama lingkungan terus mengalami degradasi karena eksploitasi alam. 

Kondisi ini berujung pada terjadinya pencemaran lingkungan.

Derajat kesehatan masyarakat dipengaruhi beberapa factor, yaitu lingkungan, perilaku, pelayanan dan genetik atau keturunan.

Kondisi lingkungan yang buruk akan berimbas pada penurunan kondisi kesehatan manusia.

“Polusi udara menjadi salah satu faktor yang dapat memicu terjadinya risiko masalah kesehatan masyarakat terutama pada kelompok lansia. Usia lansia merupakan kelompok rentan jika terpapar oleh polusi udara, karena lansia jauh lebih mudah terserang penyakit dan dapat berisiko mengalami kondisi yang fatal,” ujar Vella dikutip dari laman um-surabaya.ac.id, Kamis 14 September 2023.

Baca Juga: 14 Sindrom Geriatri yang Sering Dikeluhkan Lansia

Kondisi kesehatan lansia, lanjut dia, perlu mendapatkan perhatian dan perlindungan yang lebih baik jika dibandingkan dengan kelompok usia muda atau produktif.

Hasil penelitian menunjukkan polusi udara tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan paru-paru, tetapi juga bagi kesehatan organ tubuh lainnya.

Halaman: