Madinah Sangat Panas, Jemaah Lansia Diimbau Jaga Kesehatan

Geriatri.id - Para jemaah haji lanjut usia (lansia) yang sudah tiba di Tanah Suci diimbau menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya.  

Biasanya, setibanya di Madinah banyak jemaah Indonesia melaksanakan salat berjamaah 40 waktu atau arbain.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI Liliek Marhaendro Susilo mengimbau agar ini tidak perlu dilakukan jika merepotkan atau bahkan membahayakan jiwa.

Terutama bagi jemaah lansia, tidak perlu memaksakan salat berjamaah di Masjid Nabawi di tengah cuaca yang sangat panas ini.

"Jemaah juga bisa menunaikan salat di pemondokan, untuk menghindari kelelahan," ujarnya saat konpers Media Center Haji Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat di kompleks Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, dilansir laman Kemenag, Kamis 25 Mei 2023..

Baca Juga: 5 Pertanyaan Mengenai Hipertensi

Pengelolaan kesehatan penting karena suhu udara di Saudi sangat tinggi dibanding Indonesia. Saat ini, suhu di Kota Madinah hingga 40 derajat Celcius.

"Para jemaah khususnya para lansia untuk tetap menjaga kesehatan dan menghindari aktivitas di luar ruang. Mengingat saat ini kondisi cuaca di Madinah sedang dalam kondisi terik panas dengan suhu mencapai 40 derajat Celcius," katanya. 

Di tengah suhu berbeda dengan di Tanah Air, jemaah diminta menghemat tenaga agar bisa menunaikan rangkaian haji yang utama seperti wukuf di Arafah nanti. 

Menurut Liliek, untuk menghindari kebingungan selama beribadah di Masjid Nabawi maupun saat kegiatan di Kota Madinah, ada beberapa panduan yang patut dilakukan. 

Halaman: