Kembali
×
Ada Usulan 8.000 Kuota Haji Tambahan untuk Pendamping Lansia
19 Mei 2023 09:32 WIB

Geriatri.id - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan Kementerian Agama (Kemenag) akan berkonsentrasi pada 8.000 kuota tambahan dalam penyelenggaraan haji tahun 2023. Ada usulan kuota tambahan untuk pendamping lansia. 

Indonesia mendapat tambahan kuota dari Pemerintah Arab Saudi sebanyak 8.000 jemaah. Tambahan kuota ini sudah masuk dalam sistem aplikasi Arab Saudi e-Hajj per 15 Mei 2023. Komisi VIII DPR telah menyetujui adanya tambahan kuota ini dan meminta agar bisa dioptimalkan.

“Beri kesempatan kami untuk merumuskan 8.000 kuota tambahan ini, bagaimana memanfaatkannya dan untuk siapa? Kalau untuk yang reguler kemarin itu kan sudah, di antaranya untuk prioritas lansia. Nah, yang 8.000 ini untuk apa? Kalau menurut undang-undang diserahkan ke Mentri. Jadi kasih waktu saya untuk menyiapkannya,” ujarnya.

Baca Juga: 5 Pertanyaan Mengenai Hipertensi

Menag mengungkapkan ada usulan kuota tambahan itu untuk pendamping lanjut usia (lansia). 

"Ada usulan antara lain untuk pendamping lansia. Semua usulan kita tampung. Akan kita cek di lapangan. Karena tergantung juga kondisi di lapangan,” katanya.

Menag berkomitmen agar kuota tambahan ini bisa dioptimalkan. 

“Kita akan bekerja keras agar kuota tambahan juga terserap optimal. Termasuk juga agar para petugas yang juga ditambah meski hanya 300 orang, namun bisa bekerja maksimal dalam melayani jemaah,” kata Menag.

Dari awal, lanjut dia, Kemenag telah meminta seluruh petugas bertugas di pos masing-masing, juga menjadi pendamping lansia. 

"Kita berikan latihan khusus bekerja sama dengan UI agar para petugas dapat memberikan pelayanan dan perawatan kepada lansia,” tandasnya

Hingga hari ini sudah lebih dari 203.320 jemaah telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 1444 H/2023 M. 

Artinya, 100 persen kuota jemaah haji reguler sudah terisi. Ke depan, Kemenag akan fokus pada upaya pelunasan Bipih untuk 8.000 tambahan kuota.

Menag Yaqut menegaskan pihaknya sudah sangat siap dalam penyelenggaraan haji tahun ini. 

"Insyaallah sudah siap. Kontrak sudah selesai semua, penginapan, katering, transportasi dan penerbangan semua sudah," katanya usai Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi VIII DPR RI di Senayan, Rabu 17 Mei 2023.***

Foto: Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.(Kemenag)

Video Lansia Terkini:

Artikel Lainnya