Lahir 1904, Manusia Tertua di Dunia Meninggal di Usia 118 Tahun | Geriatri.id
Kembali
×
Lahir 1904, Manusia Tertua di Dunia Meninggal di Usia 118 Tahun
24 Januari 2023 12:13 WIB

Geriatri.id - Lucile Randon wanita tertua di dunia tutup usia di panti jompo di Prancis Selatan, Selasa 17 Januari 2023 waktu setempat. Randon menghembuskan nafas terakhir dalam keadaan tidur di usia ke-118 tahun.

"Ada kesedihan mendalam, tapi ini keinginannya untuk bersama dengan kakak tercintanya yang lebih dulu pergi. Baginya, ini adalah pembebasan,” ujar juru bicara panti jompo Sainte-Catherine-Laboure di kota Toulon, Prancis, David Tavella dikutip laman Aljazirah, Rabu 18 Januari 2023.

Randon yang tercatat sebagai manusia tertua di dunia menurut Daftar Peringkat Supercentenarian Dunia Gerontology Research Group (GRG) lahir pada 11 Februari 1904.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Lucile Randon, Manusia Tertua dari Prancis

Randon menjadi manusia tertua di dunia setelah Kane Tanaka asal Jepang meninggal di usia 119 tahun lalu. Guinness World Records kemudian secara resmi mengakui status Randon sebagai manusia tertua di dunia pada April 2022.

Mengenal Kane Tanaka

Kane Tanaka merupakan wanita asal Jepang yang menyandang status sebagai manusia tertua di dunia sebelum meninggal dunia pada 19 April 2022.

Tanaka lahir pada 1903 ketika Jepang menjadi kekuatan dunia. Dia menghabiskan masa mudanya dengan berolahraga, belajar matematika, dan bermain permainan papan, Othello.

Tanaka menikah di usia 19 tahun dan memiliki empat anak. Dia pernah menjalankan berbagai bisnis, termasuk toko mi. Di masa tuanya, dia menghabiskan waktunya di panti Jompo Jepang.

Meski sudah berusia sangat lanjut, perawat panti jompo mengatakan, Tanaka masih suka makan cokelat dan minum soda. Bagi Tanaka, rahasia umur panjang adalah makan makanan enak dan terus belajar.***

Ilustrasi: Orang lanjut usia (lansia).(Pixabay)

Video Lansia Terbaru:

 

Artikel Lainnya
Artikel
03 Februari 2023 22:45 Wib
Tags
lansia
lansia sehat
lansia bahagia
manusia tertua
lansia online
merawat lansia
berita lansia
geriatri