Biar Tetap Bisa Melihat dengan Jelas, Ini Tips Jaga Kesehatan Mata untuk Lansia | Geriatri.id
Kembali
×
Biar Tetap Bisa Melihat dengan Jelas, Ini Tips Jaga Kesehatan Mata untuk Lansia
24 Januari 2023 07:55 WIB

Geriatri.id - Fungsi penglihatan akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Tak heran jika orang lanjut usia (lansia) berusia 65 tahun ke atas memakai kacamata. 

Salah satu cara menjaga kesehatan mata lansia dengan melakukan pemeriksaan mata secara rutin. Dengan pemeriksaan berkala, fungsi penglihatan menjadi lebih baik dan tetap terjaga. 

Selain itu, nutrisi bergizi untuk mata dapat membantu meningkatkan kesehatan mata pada lansia.

Berikut tips yang bisa dilakukan agar mata tetap sehat saat memasuki lansia:

1. Rutin periksa mata 

Pemeriksaan mata secara rutin penting untuk menjaga kesehatan mata pada lansia. Selain untuk mengecek apakah lensa kacamata masih sesuai, pemeriksaan mata juga dapat mendeteksi penyakit yang umumnya diderita lansia mata seperti glaukoma dan katarak.

Baca Juga: Ancaman NAFLD dan Difesiensi Vitamin D Masih Menjadi Masalah Besar Bagi Lansia

2. Nutrisi bergizi 

Untuk menjaga kesehatan mata, pilih makanan kaya antioksidan yaitu makanan yang mengandung vitamin A dan C. Ini bisa didapatkan dari sayuran hijau dan ikan. 

Banyak jenis makanan, terutama ikan mengandung omega-3 (asam lemak esensial). Kandungan ini sangat penting dalam menjaga kesehatan makula, bagian dalam mata yang bertanggung jawab terhadap penglihatan sentral.

3. Pakai kacamata hitam di luar rumah

Menggunakan kacamata hitam atau lensa kontak dengan proteksi terhadap sinar ultraviolet dapat melindungi mata. Sinar ultraviolet dari cahaya matahari dapat merusak mata dan dapat meningkatkan risiko katarak. 

4. Berhenti merokok

Mungkin belum banyak yang tidak menyadari kalau merokok dapat meningkatkan kadar stres oksidatif pada mata. Meski mekanisme terjadinya belum jelas, tapi penelitian telah menunjukkan bahwa merokok meningkatkan risiko penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

5. Olahraga secara teratur

Mata membutuhkan sirkulasi darah dan asupan oksigen yang baik. Keduanya distimulasi dengan olahraga teratur. Manfaat lain dari olahraga teratur, membantu menjaga berat badan, serta menurunkan risiko penyakit diabetes dan retinopati diabetik. Gunakan kacamata hitam dengan perlindungan ultraviolet saat berolahraga di luar ruangan.

6. Gunakan pencahayaan yang baik

Saat orang berusia 60 tahun, mata membutuhkan cahaya tiga kali lebih banyak untuk melihat dengan baik dibandingkan saat berusia 20 tahun. 

Karena itu, tingkatkan cahaya matahari ke dalam rumah dan pastikan pencahayaan listrik yang terang terutama di bagian atas dan bawah tangga. 

Untuk membaca atau bekerja, gunakan lampu meja fleksibel dengan posisi cahaya tidak menyebabkan silau pada mata.

7. Jangan terlalu lama di depan komputer

Setelah dua jam menatap layar komputer, otot mata akan mengalami ketegangan. Untuk menurukan ketegangan otot mata dampak dari kelelahan menatap layar komputer bisa dilakukan dengan menjaga jarak layar komputer dengan mata sejauh 50-60 cm dan menjaga agar bagian atas layar komputer sedikit di bawah tingkat mata

Selain itu atur pencahayaan untuk mengurangi kesilauan pada layar, istirahat setiap 15 menit untuk fokus pada objek yang jaraknya jauh dan gunakan obat tetes pelembab mata untuk mencegah mata kering. 

8. Tidur cukup

Tidur mambantu menjaga kesehatan mata. Saat tidur mata mengalami lubrikasi secara terus-menerus sehingga kelembabannya terjaga. Selain itu, mata membersihkan diri dari iritan seperti debu, alergen, atau asap yang terakumulasi di siang hari.***

Ilustrasi: Kesehatan mata lansia.

Video Lansia terbaru:


 

Artikel Lainnya
Artikel
03 Februari 2023 22:45 Wib
Tags
kesehatan mata
mata lansia
lansia sehat
lansia
lansia bahagia
lansia online
merawat lansia
berita lansia
geriatri