5 Cara Lansia Menikmati Gaya Hidup Sehat di Rumah dengan Nyaman | Geriatri.id
Kembali
×
5 Cara Lansia Menikmati Gaya Hidup Sehat di Rumah dengan Nyaman
23 Januari 2023 22:49 WIB

Geriatri.id - Selama beberapa tahun terakhir telah terjadi peningkatan fokus pada kesehatan dan kualitas hidup pada kelompok lanjut usia (lansia) tidak hanya tentang kesehatan fisik dan mental.

Dilansir Sctimes, menjadi sehat bukan sekadar memeriksa tekanan darah dan kadar kolesterol tetapi juga memeriksa kebutuhan emosional.

Dimensi kesejahteraan tambahan ini menyentuh aspek kehidupan, seperti merasa nyaman di rumah, bersosialisasi dan memelihara persahabatan. 

Baca Juga: Ancaman NAFLD dan Difesiensi Vitamin D Masih Menjadi Masalah Besar Bagi Lansia

Berikut adalah lima cara untuk mempertahankan gaya hidup sehat saat lansia:

1. Aktivitas penghilang stres 

Berolahraga dan aktivitas fisik baik untuk kesejahteraan mental dan fisik lansia. Selain itu olahraga dan aktivitas fisik memiliki manfaat emosional seperti meningkatkan mood dan lebih percaya diri dan mandiri.

2. Makan dengan kesadaran

Makan dengan penuh kesadaran akan melibatkan lebih banyak indra untuk menghargai makanan, menikmati setiap gigitan dan membuat pilihan lebih baik. Nutrisi yang baik penting untuk membantu mencegah penyakit kronis. 

3. Mendengarkan musik

Penelitian menemukan mendengarkan musik dapat mengurangi kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, dan menghibur saat stres atau merasa tidak enak badan. Lagu lama yang membawa kembali kenangan indah atau simfoni klasik dapat menenangkan jiwa.

4. Memperkuat keyakinan

Spiritualitas memainkan peran besar dalam penuaan positif karena dapat membantu membangun ketahanan saat melewati masa sulit. Studi menemukan praktik spiritual seperti doa dan meditasi dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup.

5. Tetap bersosialisasi 

Terhubung dengan orang lain akan membantu penuaan yang sehat. Kesepian dan isolasi sosial adalah kekhawatiran terbesar pada lansia. Kondisi ini dapat memengaruhi kesejahteraan secara keseluruhan karena terkadang tertawa adalah obat paling mujarab.***

Ilustrasi: Pasangan lansia.(Pixabay)

Video Lansia Terbaru:

Artikel Lainnya
Artikel
03 Februari 2023 22:45 Wib
Tags
lansia
lansia sehat
lansia bahagia
lansia online
merawat lansia
geriatri
berita lansia