Riset: Rata-rata Orang Indonesia Kehilangan 11 Gigi Saat Lansia | Geriatri.id
Kembali
×
Riset: Rata-rata Orang Indonesia Kehilangan 11 Gigi Saat Lansia
21 Januari 2023 21:25 WIB

Geriatri.id - Semua orang tentu ingin memiliki gigi sehat hingga lanjut usia (lansia). Namun, kesadaran masyarakat akan kesehatan gigi dan mulut masih tergolong rendah.

Kondisi ini menyebabkan kondisi gigi lansia di Indonesia cenderung buruk. Laporan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 Kementerian Kesehatan menunjukkan rata-rata orang Indonesia kehilangan 11 gigi di usia 65 tahun.

Menjaga kesehatan mulut dan gigi bisa memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Beberapa cara untuk mewujudkan kesehatan mulut dan gigi diantaranya perawatan gigi secara rutin.

Caranya dengan menyikat gigi dua kali sehari pagi dan malam dan membersihkan sela gigi dengan benang khusus (flossing). Selain itu rutin mengunjungi dokter gigi. Kebiasan harian itu ikut menentukan kesehatan mulut dan gigi saat lansia.

Baca Juga: Ancaman NAFLD dan Difesiensi Vitamin D Masih Menjadi Masalah Besar Bagi Lansia

Namun kesadaran masyarakat akan kesehatan mulut dan gigi masih rendah. Alasannya diantaranya merasa kondisi gigi dan mulut baik-baik saja atau fasilitas kesehatan gigi yang jauh dari tempat tinggal sehingga enggan mengunjungi dokter gigi.

Selain itu faktor biaya juga menjadi penghambat ke dokter gigi.

Penyebab gigi rusak

Seiring bertambahnya usia, lapisan email gigi akan menipis sehingga membuat gigi lebih rentan rusak. Kerusakan ini disebabkan tumpukan plak akibat sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik.

Jika dibiarkan di area plak akan muncul bakteri yang dapat merusak lapisan pelindung gigi, hingga akhirnya menyebabkan gigi berlubang.

Selain karena tidak membersihkan area gigi dan mulut dengan baik, kurangnya kesadaran mengunjungi dokter gigi menjadi penyebab rusaknya gigi saat lansia.

Umumnya, masyarakat menunda konsultasi ke dokter gigi hingga merasakan sakit parah. Bahkan, ketika sudah mengetahui ada masalah gigi, masih banyak yang enggan untuk ke dokter gigi.

Gigi sehat sampai lansia

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah gigi rusak pada lansia. Salah satunya dengan memeriksakan gigi secara rutin ke dokter gigi.

American Dental Association menganjurkan mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali. Kunjungan rutin ke dokter gigi sangat penting. Selain mencegah kerusakan gigi dan menghambat perkembangan karies juga penyakit gusi hingga risiko gigi tanggal.***

Ilustrasi - Lansia bersama keluarga.(Pixabay)

Video Lansia Terbaru:

Artikel Lainnya
Artikel
03 Februari 2023 22:45 Wib
Tags
lansia
gigi lansia
lansia sehat
lansia bahagia
lansia online
merawat lansia
berita lansia
geriatri