Studi: Manfaat Kesehatan Teh Hitam untuk Lansia Wanita | Geriatri.id
Kembali
×
Studi: Manfaat Kesehatan Teh Hitam untuk Lansia Wanita
09 Desember 2022 10:24 WIB

Geriatri.id - Minum teh telah menjadi salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia. Banyak manfaat yang didapatkan Selain untuk menenangkan diri, minum teh juga bermanfaat untuk kesehatan orang lanjut usia (lansia).

Teh hitam merupakan jenis teh yang umum dikonsumsi di dunia, termasuk Indonesia. Meski belum seterkenal teh hijau atau teh putih, teh hitam juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Penelitian Genetic Factors for Osteoporosis Consortium (GEFOS) menunjukkan perempuan lansia minum setidaknya tiga cangkir teh hitam setiap hari ternyata lebih sehat dibanding yang tidak. 

Teh hitam mampu menurunkan risiko masalah fraktur tulang panggul yang kerap diderita perempuan lansia. 

Fraktur tulang panggul adalah nama lain dari retak tulang di tulang paha dekat persendian pinggul. Kondisi ini sebagian besar dialami perempuan lansia, khususnya mereka yang mengalami masalah kekurangan kalsium dan osteoporosis atau tulang keropos. 

Kondisi tulang keropos akan semakin diperparah ketika mereka terjatuh atau saat melakukan aktivitas tidak tepat.

"Penelitian sebelumnya, termasuk penelitian kami, mengungkapkan tentang efek menguntungkan dari teh. Teh adalah sumber utama dari flavonoid yang bisa memengaruhi struktur tulang," kata Richard L. Prince, salah satu peneliti dalam abstraknya yang dipresentasikan di American Society for Bone and Mineral Research 2015 Annual Meeting dikutip dari The Daily Meal.

Baca Juga: Ancaman NAFLD dan Difesiensi Vitamin D Masih Menjadi Masalah Besar Bagi Lansia

Penelitian dilakukan dengan melihat hubungan antara kebutuhan kalsium pada wanita dewasa dengan risiko fraktur pinggang. 

Penelitian menunjukkan lebih dari 1000 perempuan berusia rata-rata 75 tahun yang minum teh minimal tiga cangkir sehari, dengan atau tanpa susu, 34 persen lebih rendah terserang fraktur pinggang. Mereka juga lebih tahan terhadap serangan kasus osteoporosis.

Prince menambahkan meski data menunjukkan perempuan lansia yang minum teh lebih tahan terhadap risiko fraktur tulang, namun  hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.***

Ilustrasi: Teh hitam.(Pixabay)

Video Lansia Terkini:

Artikel Lainnya
Artikel
03 Februari 2023 22:45 Wib
Tags
lansia
lansia sehat
lansia bahagia
manfaat teh hitam
lansia online
geriatri
merawat lansia
berita lansia
penyalit lansia