Memasuki Fase Lansia Rentan Rambut Rontok, Begini Cara Mudah Mencegahnya | Geriatri.id
Kembali
×
Memasuki Fase Lansia Rentan Rambut Rontok, Begini Cara Mudah Mencegahnya
08 Desember 2022 22:14 WIB

Geriatri.id - Banyak perubahan yang terkadi ketika seseorang memasuki lanjut usia (lansia). Salah satu perubahan itu di bagian rambut.

Rambut akan mengalami perubahan warna dan tekstur atau mengalami kerontokan. Penyebabnya beragam seperti faktor genetik, gangguan endokrin atau tiroid, berkurangnya hormon pendukung dan defisiensi nutrisi.

Masa menopause pada wanita adalah penyebab terbesar kerontonkan rambut akibat berkurangnya hormon yang membantu merangsang serang folikel.

Pakar dermatologi Wilma Bergfeld mengungkapkan ada beberapa langkah untuk mencegah efek penuaan pada rambut. Berikut caranya seperti dilansir Cleveland Clinic:

1. Tidak terlalu sering keramas

Berfeld menyarankan keramas dua kali dalam seminggu menggunakan jenis sampo sesuai dengan kondisi rambut. Terlalu sering mencuci rambut bisa membuatnya menjadi kering dan rapuh.

Baca Juga: Ancaman NAFLD dan Difesiensi Vitamin D Masih Menjadi Masalah Besar Bagi Lansia

2. Gunakan kondisioner dan pengembang rambut

Untuk menjaga rambut tetap sehat bisa menggunakan kondisioner setelah keramas. Selain menambah kelembaban, kondisioner juga membantu mengembalikan kilau dan minyak alami rambut yang hilang selama keramas. Gunakan pengembang rambut untuk menambah volume rambut.

3. Pilih produk perawatan yang tepat

Jika ingin mengecat rambut, minta bantuan stylish untuk melakukannya. Stylish dapat membantu menentukan pewarna yang aman sesuai jenis tambut dan memberikan tips perawatannya.

Hindari menggunakan heat styling atau alat penata rambut dengan tenaga panas seperti catokan dan hair dryer. Jika ingin menggunakan heat styling, gunakan produk pelindung panas pada rambut sebelum memakainya.

Hindari produk rambut yang mengandung bahan kimia penganggu hormon, seperti paraben dan ftalat.

4. Konsumsi makanan kaya protein

Makanan bergizi seimbang turut menentukan kesehatan rambut kita. Menurut Bergfeld, seiring bertambahnya usia, porsi makan akan lebih kecil sehingga rentan mengalami kekurangan gizi.

Konsumsi makanan kaya protein karena folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein. Kekurangan protein akan berisiko besar mengalami kerontokan rambut.

Dikatakan Bergfeld, beberapa obat dapat menyebabkan pelepasan serat yang lebih halus. Wanita yang menghentikan pengobatan penggantian hormon, juga berisiko mengalami kerontokan.

Segera konsultasikan dengan dokter jika ada obat tertentu yang mengganggu pertumbuhan atau kerontokan rambut.***

Ilustrasi - Mencegah rambut lansia rontok.(Pixabay)

Video Lansia Terkini:

 

Artikel Lainnya
Artikel
03 Februari 2023 22:45 Wib
Tags
rambut rontok
lansia
geriatri
lansia sehat
lansia bahagia
lansia online
merawat lansia
berita lansia