Kembali
×
Lansia Inspiratif, Tetap Semangat Belajar Selesaikan S2 di Usia 98 Tahun
28 Agustus 2022 22:01 WIB

Geriatri.id - Belajar tidak mengenal usia. Giuseppe Paterno, seorang lanjut usia (lansia) telah membuktikan bahwa usia bukan penghalang studinya di Universitas Palermo, Italia. Paterno menjadi lulusan tertua setelah merampungkan studi di usia 98 tahun. 

Paterno meraih gelar master pada jurusan sejarah dan filsafat. Ini menjadi capaian luar biasa kedua Paterno setelah dua tahun sebelumnya memperoleh gelar S1 di jurusan yang sama.

"Dia mendapatkan gelar terakhir dengan nilai tertinggi, sekali lagi, dia membanggakan keluarganya," ujar keluarganya di Facebook.

Sudah puaskah Paterno dengan pencapaian itu? Ternyata dia tidak ingin berhenti sampai di situ. Selanjutnya dia ingin mewujudkan keinginannya menulis novel menggunakan mesin tik kesayangannya.

Dua tahun lalu, Paterno di usianya yang ke-96 tahun tercatat sebagai lulusan S1 tertua di Italia. Dia menjalani wisuda secara online setelah menyelesaikan kuliahnya pada Juli 2020.  

Baca Juga: Sering Diabaikan, Ini 10 Gejala Awal Penyakit Jantung pada Lansia

Paterno lahir tahun 1923 dan tumbuh dalam keluarga miskin di Sisilia. Dia mengakui sedikit terlambat dalam mendapatkan gelar sarjana. Namun dia bertekad untuk menjalaninya.  

“Saya berkata kepada diri saya ‘sekarang atau tidak sama sekali’,” ujarnya seperti dikutip dari asiaone.com.

Di usia 20 tahun Paterno menghabiskan waktunya dengan bertugas di angkatan laut selama Perang Dunia II. Setelah itu, dia menjadi pekerja kereta api.

Di masa muda, Paterno tidak punya kesempatan melanjutkan sekolah meski menyukai buku dan memiliki semangat belajar tinggi. 

Dia lulus SMA di usia 31 tahun dan baru bisa melanjutkan ke universitas saat usianya telah 90 tahun. Dia mendaftar kuliah S1 jurusan sejarah dan filsafat di Universitas Palermo.***(rif)

Foto: Ilustrasi - Lansia wisuda di usia 98 tahun. (Pixabay)

Video Lansia:

Artikel Lainnya